Warga Pedalaman Kupang Berterima Kasih Untuk Jokowi

   Kupang, jurnalsumatra.com – Masyarakat di Desa Raknamo, Kabupaten Kupang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait ruas jalan sepanjang 9.7 Km di desa tersebut menjadi mulus dan beraspal Hotmix.
“Masyarakat di desa ini sangat bersyukur karena berkat adanya bendungan raknamo, ruas jalan di desa ini sudah sangat bagus. Warga di sini sangat senang,” kata Tokoh Masyarakat di Desa Raknamo Arnold Taraen saat ditemui di desa Raknamo, Kabupaten Kupang, Selasa.
Pada awalnya masyarakat di desa itu ada yang menolak dan ada pula yang menerima rencana pemerintah untuk membangun bendungan tersebut.
Ditambah lagi dengan adanya pembangunan bendungan tersebut jalanan sebelum dibangun sangat berdebu saat musim kemarau jika dilewati truk-truk besar menuju bendungan tersebut.
“Karena masyarakat di desa ini merasa kendaraan truk-truk yang melintas mengakibatkan debu dan membuat kotor rumah mereka,” tambahnya.
Namun seiring waktu berjalan setelah jalannya mulus seperti saat ini masyarakat justru sangat bersyukur. Pembangunan jalan mulus yang dikerjakan oleh Bina Marga sepenjang 9,7 kilometer menuju pintu masuk raknamo itu menurut Arnold baru pertama kali dilakukan setelah kurang lebih belasan tahun dibiarkan tak terawat dan berlubang-lubang.

      “Jalan ini kalau tidak salah sudah tidak terurus sejak belasan tahun. Berkat bendungan raknamo ini justru sangat membantu mobilitas akses kendaraan masuk ke sini,” tambahnya.
Pantau Antara pembangunan jalan menuju bendungan raknamo masih terus dilakukan sembari mengali lubang irigasi agar air dari bendungan raknamo bisa mengalir hingga ke desa tersebut hingga ke daerah sekitar.
Sejumlah alat berat ditempatkan di pingir-pingir jalan dan tumpukan-tumpukan pasir serta bau aspal juga masih menyengat.
Anton petani di desa Raknamo mengaku bahwa sudah tak sabar menunggu bendungan raknamo itu difungsikan sehingga air dibendungan itu bisa dialirkan ke lahan pertaniannya.
“Saya yakin dengan adanya bendungan ini, saya bisa memanen dua sampai tiga kali dalam setahun,” tuturnya.
Menurutnya kehadiran bendungan raknamo tentu akan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat di sekitaran bendungan yang mampu menampung 14 meter kubik air bersih tersebut.
Kawasan bendungan raknamo juga akan menjadi kawasan wisata sehingga menurutnya akan sangat membantu ekonomi masyarakat di desa itu.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =