Warga Talang Ternak Sulit Aktivitas Malam

PAGARALAM, jurnalsumatra.com – Belum tersedianya fasilitas Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) bagi warga Talang Ternak, RT03/RW01 Kelurahan Lubuk Buntak, Kecamatan Dempo Selatan, sangat menyulitkan warga melakukan aktifitas malam hari. Menjawab keluhan masyarakat, Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes pada kesempatan memberikan bantuan kepada para keluarga korban kebakaran atas Prayetno (28), Untung (45) dan Supriyadi (38), langsung menanggapinya.

Ida memerintahkan kepada perangkat kerjanya, agar secepatnya melakukan pemasangan fasilitas LPJU di daerah ini. “Aliran listrik sudah masuk, air bersih masuk, begitu juga fasilitas rumah ibadah masjid dan mushala sudah ada. Tinggal lagi di daerah ini masih butuh adanya fasilitas LPJU,” terang Wako Ida.

Terpisah, Ketua RT 03 Talang Ternak, Lilik mengungkapkan, keberadaan LPJU memang sangat kekurangan sekali untuk menunjang aktivitas 38 Kepala Keluarga (KK) dari 130 jiwa. Terutama dalam meningkatkan keamanan lingkungan. “Untuk LPJU sangat kurang. Belum ada sama sekali, bahkan sejak tahun 2012 dan pertamakali daerah ini dibuka. Kalau ajuan pemasangan LPJU sudah kita layangkan lewat kegiatan Musrenbang, baik itu tingkat Kelurahan maupun kecamatan,” papar Lilik.

Dalam pengajuan usulan kata Lilik, pihaknya mengajukan sedikitnya 5 titik LPJU beserta tiga tiang untuk menerangi kawasan ini. “Dari lima LPJU itu setidaknya sudah sangat mencukupi buat penerangan,” ujarnya.

Belum adanya LPJU tambah Lilik, kondisi Talang Ternak gelap gulita. Sebab jika hanya mengandalkan penerangan dari lampu rumah tidak begitu efektif dan maksimal. “Jarak antara jalan ke rumah ada yang dekat dan jauh. Bila malam tiba kita khawatir kalau ada orang tak dikenal masuk ke rumah. Belum lagi bila ditambah musim paceklik. Kita berharap Pemkot Pagaralam bisa segera melakukan pemasangan LPJU,” harapnya. (Van)

Leave a Reply