Warga Tidak Menggunakan Masker Dilarang Masuk Pasar Di Gowa

Gowa, jurnalsumatra.com – Pengelola Pasar Induk Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan memberlakukan aturan ketat kepada seluruh pembeli saat berada dalam area pasar, salah satunya menolak pengunjung masuk pasar jika tidak menggunakan masker.

  Kepala Pengelola Pasar Induk Minasa Maupa Zainuddin Langke saat dikonfirmasi, Senin mengatakan pemberlakuan aturan menggunakan masker hanya untuk menjaga kesehatan antara pembeli dan penjual.

  “Pembeli dan pedagang wajib menggunakan masker saat berada dalam lingkup pasar. Ini kami lakukan untuk melindungi semuanya,” ujarnya.

  Ia mengatakan, aturan yang dibuatnya itu bukan hanya ditujukan untuk pembeli atau pengunjung tetapi juga pedagang.

  Imbauan penggunaan masker juga sudah dibuat baik penyampaian langsung maupun spanduk agar semua masyarakat mengetahui aturan tersebut demi keamanan dan kesehatan setiap orang.

  “Hari ini kita sweeping jalan masuk pasar. Kita periksa pengunjung yang datang baik itu pedagang maupun pembeli, kalau tidak pakai masker maka kita larang masuk di pasar,” katanya.

  Menurut Zainuddin, pemeriksaan ini sebagai langkah memperketat upaya pencegahan penularan virus corona atau COVID-19 di area di tempat keramaian. Terutama Pasar yang dinilai sebagai tempat rawan penyebaran virus.

  “Selain melakukan pemeriksaan di jalan masuk. Setiap pagi, sore dan malam kita juga rutin melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan pedagang dan pembeli tetap menggunakan masker,” terangnya.

  Langkah pemeriksaan ini juga sebagai tindaklanjuti Surat Edaran Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dispedastri) Kabupaten Gowa. Di mana seluruh pedagang maupun pembeli yang ingin masuk ke area pasar wajib menggunakan masker.

  Apalagi, lanjutnya, pihaknya telah membagikan sekitar 400 masker gratis kepada seluruh pedagang yang merupakan swadaya dari pengelola pasar.

  “Dengan intens melakukan sosialisasi agar menggunakan masker selama berada dalam area pasar. Pedagang dan pembeli pun sudah mulai terbiasa, beberapa hari terakhir kami melihat hampir semua pedagang sudah mulai gunakan masker,” katanya.

  Sementara, Kepala Dispedastri Kabupaten Gowa Andi Sura Suaib mengatakan, semua pasar di wilayah Kabupaten Gowa telah diperintahkan untuk memperketat pengawasan terhadap pengunjung yang datang ke pasar.

  “Sudah ada petugas di masing-masing pasar yang melalukan pemantauan dan menegur jika ada pengunjung yang tidak menggunakan masker,” jelasnya.(anjas)