Waspadai Gelombang Empat Meter Perairan Kabupaten Talaud

   Manado, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berharap masyarakat mewaspadai gelombang setinggi empat meter yang berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Senin.
“BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, makanya masyarakat diharapkan berhati-hati,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Bitung, Daniel Aror, di Manado, Minggu.
Tidak hanya itu, masyarakat juga diharapkan mewaspadai gelombang laut setinggi 1,25 – 2,5 meter yang diperkirakan terjadi di sejumlah perairan seperti Laut Sulawesi bagian Timur, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Timur Bitung, dan Laut Maluku.
Selanjutnya, tinggi gelombang 1,0 – 2,0 meter berpeluang terjadi di wilayah laut Sulawesi.

BMKG juga memperkirakan, hujan ringan terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), serta Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).
Selanjutnya, Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro), Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe), Melonguane dan Miangas (Kabupaten Kepulauan Talaud).
Hujan lebat diperkirakan terjadi di Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan) dan Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).
Kecepatan angin permukaan 10-40 kilometer per jam dari Barat Laut-Timur Laut.
Masyarakat juga diharapkan mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.(anjas)

Leave a Reply