Waspadai Gelombang Tiga Meter Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud

    Manado, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berharap warga mewaspadai gelombang laut setinggi tiga meter yang berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara beberapa hari ke depan.
“Perlu diwaspadai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Maritim Kelas II Bitung Daniel Aror di Manado, Senin.
Selanjutnya, beberapa perairan seperti Bitung dan Manado, laut Maluku bagian selatan, laut Sulawesi bagian timur dan perairan selatan Sulawesi Utara tinggi gelombangnya diperkirakan satu hingga dua meter.
Daniel menambahkan, Stasiun Meteorologi Maritim Bitung beberapa hari lalu mempublikasikan informasi pasang air laut dan tidak ada kaitannya dengan tsunami.

    Karena itu, kata dia, apabila ada informasi tidak jelas sumbernya yang menyebutkan akan akan ada tsunami pada tanggal 31 Januari 2018, masyarakat jangan terpengaruh.
“Berita itu hanya isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan membohongi masyarakat. Informasi itu tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas. Tsunami bisa terbentuk akibat gangguan di laut yang diakibatkan gempa bumi,” jelasnya.
Dia menambahkan, pada tanggal 31 Januari antara bumi dan bulan akan mencapai jarak terdekat, karena lintasannya berbentuk elips.
“Itu penyebabnya sehingga beberapa hari ke depan akan terjadi pasang,” ujarnya.
Dia pun berharap, masyarakat dapat mencari informasi terkait dengan ketinggian gelombang dengan menghubungi kantor BMKG terdekat.(anjas)

Leave a Reply