Wawako Minta Pelaku Usaha Jaga Kebersihan Makanan

Palembang, jurnalsumatra.com  “Kami berharap kepada pelaku usaha agar selalu bisa menjaga kebersihan, baik tempat usahanya, hingga cara mengolah makanan agar layak dikonsumsi masyarakat,” ungkap Wakil Wali kota Palembang Fitrianti Agustinda, pada kegiatan Bimtek Keamanan Pangan dalam Rangka Stikerisasi atau Sertifikasi Pangan Olahan Siap Saji (POSS) kepada Pelaku Usaha, di Ampera Convention Center Dermaga Poin yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Letizia, Kepala Dinas Pariwisata Isnaini Madani beserta 66 peserta yang mengikuti Bimtek, Selasa (15/10/2019).

Dikatakanya, dengan didapatnya stikerisasi dan sertifikasi yang digelar oleh BBPOM, standar pelaku usaha jadi meningkat.

“Kalau standar usaha kita naik, konsumen juga merasa nyaman jika mau makan ketempat kita,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fitri juga menginfokan kepada para pelaku usaha tentang pinjaman tanpa anggunan yang merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

“Jika diantara mereka ada yang kekurangan modal dalam mengembangkan usahanya, bisa pinjam uang ke Pemkot akan kita bantu,” katanya

Sementara itu, Kepala BBPOM Kota Palembang Hardaningsih menyampaikan, Bimtek ini sendiri diikuti 66 pelaku usaha disekitar Pasar 16 Ilir sebagai sosialisasi kepada pelaku usaha agar menjaga kebersihan dan keamanan pangan olahan siap saji.

“Usai acara ini kedepan nanti kami akan melakukan sidak secara sempling kepedagang terkait higienisnya pangan olahan dan Kebersihan tempat usaha,” ujarnya.

Sebagai Pengawas, pihaknya akan kontrol ke pelaku usaha dengan sidak ketempat pelaku usaha tersebut, namun jika tidak sesuai standar pihaknya akan berikan sangsi.

“Nanti akan kita sidak, jika ditemukan tempat usahanya tidak bersih atau olahan pangannya tidak higienis, kita akan cabut Stiker dan sertifikatnya. Bisa berbahaya bagi kesehatan masyarakat,” urainya singkat.(***)