Williams Tuntut Kompensasi Usai Insiden Tutup Drainase Di Baku

Jakarta, jurnalsumatra.com – Tim Williams akan menuntut kompensasi kepada penyelenggara balapan GP Azerbaijan usai insiden terlepasnya tutup lubang drainase yang menyebabkan kerusakan mobil George Russell ketika sesi latihan bebas FP1 di sirkuit jalan raya Baku itu.

  Pebalap rookie berusia 21 tahun itu tidak mengalami cedera usai sasis mobilnya hancur menghantam tutup drainase yang lepas, antara tikungan 2 dan 3, di sesi pagi pada Jumat.

  “Jelas harus ada ganti rugi,” kata wakil ketua tim Williams, Claire Williams seperti dikutip Reuters pada Jumat.

  “Haas aku yakin mendapat kompensasi atas apa yang mereka alami di Sepang beberapa tahun lalu, jadi jelas kami akan bicara dengan mereka (otoritas sirkuit) tapi aku tak bisa mengatakan angkanya berapa saat ini,” kata Williams.

  Haas mendapatkan kompensasi setelah mobil balap mereka yang dikendarai oleh Romain Grosjean saat itu mengalami kerusakan karena menabrak tutup drainase yang lepas di Sepang, Malaysia pada 2017.

  Williams tahun ini tengah mengalami banyak masalah mulai dari paket mobil yang tidak kompetitif dan juga terlambat menjalani tes pramusim karena pengembangan mobil belum usai waktu itu.

  Tim yang diperkuat dua pebalap George Russel dan Robert Kubica itu juga saat ini berada di peringkat paling bawah.

  “Aku menabraknya begitu saja, guncangan terhebat menjalar di tubuhku. Mesin mobil langsung mati dan lantai mobil rusak,” kata Russell, yang pernah juara di Baku ketika membalap di Formula 2 itu.

  Sesi latihan pagi itu dihentikan setelah hanya berlangsung 12 menit, di mana hanya dua pebalap Ferrari Charles Leclerc dan Sebastian Vettel yang turun.

  Leclerc terlebih dahulu melintas di atas tutup drainase yang dimaksud, kemungkinan membuatnya terlepas.

  “Bagaimana bisa mereka tidak memeriksa dan mengunci saluran drainase?” kata pebalap Mercedes Lewis Hamilton di akun instagramnya.

  “Baik lah, ini memberi waktu bagiku untuk meneruskan nonton Game of Thrones,” kata pebalap berusia 34 tahun asal Inggris itu.

  Sesi latihan bebas FP2 berlangsung normal usai penyelenggara melakukan pengecekan trek.(anjas)