Wisata Danau Di Banjarbaru Dipenuhi Pengunjung

     Banjarbaru, jurnalsumatra.com – Objek wisata alam Danau Seran dan Danau Caraman di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah selama libur panjang pasca Idul Fitri.
Pantauan Antara di Banjarbaru, Senin, dua objek wisata yakni Danau Seran di Kecamatan Cempaka dan Danau Caramin di Kelurahan Guntung Manggis ramai pengunjung satu hari setelah lebaran.
“Pengunjung ramai satu hari setelah Idul Fitri yakni Sabtu juga Ahad dan Senin hari ini cukup banyak pengunjung,” ujar salah satu petugas parkir Ahmad di lokasi danau bekas tambang intan itu.
Ia mengatakan, jumlah pengunjung ke objek wisata alam yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Banjarbaru itu mencapai ribuan orang yang datang dari dalam maupun luar kota.
Disebutkan, pengunjung yang datang bisa menikmati wisata danau cukup luas dengan air berwarna bening dilengkapi sebuah pulau terletak ditengah-tengah danau bekas areal tambang intan itu.

     “Setiap pengunjung yang masuk ke area danau dikenakan biaya Rp5 ribu per orang dan kendaraan dikenakan tarif parkir Rp10 ribu untuk roda empat dan Rp5 ribu roda dua,” ungkapnya.
Sementara itu, objek wisata yang mulai dikenal sejak tiga tahun lalu itu menarik kedatangan para pengunjung berwisata terutama keluarga maupun kelompok remaja.
Pengunjung selain bisa menikmati pemandangan danau yang airnya jernih, juga bisa mendatangi pulau ditengah danau menaiki perahu bermesin dengan biaya Rp5.000 per orang.
Selain mendatangi pulau ditengah-tengah danau, pengunjung juga bisa menyewa perahu berbentuk bebek yang digerakkan dengan kayuhan kaki dengan biaya sewa Rp25 ribu per 30 menit.
“Pemandangan danaunya cukup bagus juga airnya jernih. Letaknya tidak jauh dari pusat kota sehingga cukup banyak pengunjung yang datang,” ucap Husin seorang pengunjung dari Banjarmasin.
Sementara itu, Danau Caramin yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Danau Seran juga ramai didatangi pengunjung baik dari Kota Banjarbaru dan Kalsel maupun luar Kalsel.
“Kami melihat di media sosial Danau Seran dan Danau Caramin sangat bagus sehingga datang kesini melihatnya,” ujar Aris warga Sampit Provinsi Kalteng yang ditemui di Danau Caramin.(anjas)

Leave a Reply