Wisata Edukasi Mini Zoo Sleman Exotarium

SLEMAN, Yogyakarta – Mini Zoo Sleman Exotarium, sebuah wisata edukasi “inspiratif, profesional dan kekeluargaan” di Jl Magelang Km 8 Sendangadi, Mlati, Sleman, yang dibangun sejak 25 Oktober 2017 lalu, mendapat apresiasi dari masyarakat Sleman.

Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo, MSi, mengatakan, dengan hadirnya Mini Zoo Sleman Exotarium yang menempati areal tanah kas desa Sendangadi seluas 8 hektare, diharapkan bisa sebagai destinasi education centre. “Semoga ke depan bisa turut mengembangkan pariwisata di Sleman,” kata Sri Purnomo, Sabtu (23/12/2017).

Sementara itu, GKR Hemas, berharap, nantinya wisata edukasi baru itu bisa menyukseskan destinasi wisata yang ada di Sleman. “Terlebih akan ada bumi perkemahan,” papar GKR Hemas di depan Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun, MKes dan Kepala Desa Sendangadi Drs Damanhuri MBA, MM.

GKR Hemas, yang tiba dari Jakarta dan langsung hadiri acara itu, punya rasa kebanggaan tersendiri. “Saya kaget dan terkejut. Karena ini bisa menjadi satu kebanggaan Sleman untuk menambah area wisata dan terus membangun destinasi wisata,” kata Hemas, yang mendukung adanya Sleman Exotarium itu.

Pada kesempatan itu, GKR Hemas, mengatakan, dalam mengelola satwa langka itu harus memenuhi ketentuan yang ada. “Selain itu, mengelola hutan bisa menjadi percontohan hutan yang dimanfaatkan untuk wisata,” kata GKR Hemas yang menambahkan di DIY saat ini membutuhkan tempat baru wisata.

Berharap pula, pengelola orientasinya mengembangbiakkan satwa langka agar tidak punah. Juga, masyarakat dapat menyaksikan satwa itu di alam kehidupannya.

Diharapkan, wisata di Sendangadi sangat bagus dengan penataan yang luar biasa dan eksotik.

Pimpinan manajemen Sleman Exotarium, drh Wagimin Taruna, mengatakan, lokasi destinasi ini berada di lembah dan sebagian ereng-ereng terasiring yang dibelah sungai Denggung, membelah sisi barat dan timur Sleman Exotarium.

Menurut Wagimin, selain menyediakan satwa bagi para pecinta dan hobi satwa, ke depan akan dilengkapi berbagai wahana permainan dan pendidikan untuk umum, anak-anak dan pelajar. “Saat ini sedang diselesaikan wahana kolam renang bagi anak-anak, kolam atraksi tangkap ikan dan tubing anak,” kata Wagimin.

Saat ini, Sleman Exotarium ada wahana satwa yang sangat diminati masyararakat sebagai bahan pengetahuan:  ular anaconda, ular putih, ikan arapaima, aligator dan ikan toman.

Untuk menambah betahnya wisatawan, dilengkapi sarana outbond training, cafe dan resto. Sedang mina edukasi, di sini juga dapat belajar tentang perikanan, edukasi pertanian (agropolitan), peternakan kambing, kuda dan lain-lain.

Untuk menambah betahnya wisatawan akan dilengkapi spot selfie di alam terbuka ataupun spot-spot lokasi buatan yang cukup eksotik terbalut gemericik air di pinggir sungai Denggung. “Wisatawan diberikan seluas-luasnya untuk berselfie,” tandas Wagimin. (Affan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 9 =