Yogyakarta Mulai Salurkan BPNT Tahap Keenam

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Keluarga penerima manfaat bantuan pangan nontunai di Kota Yogyakarta mulai bisa mencairkan bantuan pangan tahap keenam di agen Rumah Pangan Kita dan elektronik warong gotong royong di kota tersebut.
“Mulai hari ini, Kamis (16/11) penerima bantuan pangan nontunai (BPNT) sudah bisa mencairkan bantuan untuk periode November-Desember setelah diluncurkan secara simbolis oleh Menteri Sosial Khofifah pada Rabu (15/11),” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Yogyakarta Irianto Edi Purnomo di Yogyakarta, Kamis.
Menurut dia, bantuan pangan tahap keenam merupakan bantuan tahap terakhir yang akan diterima keluarga penerima manfaat pada tahun ini dan akan dilanjutkan tahun depan.
Bantuan yang akan diterima oleh keluarga penerima manfaat, lanjut Irianto, masih tetap sama yaitu Rp110.000 per bulan yang dapat digunakan untuk mencairkan 10 kilogram beras kualitas medium dan dua kilogram gula pasir.
“Warga yang memang belum membutuhkan bantuan bisa menyimpan dana yang sudah masuk ke rekening mereka dan baru mencairkan saat dibutuhkan,” kata Irianto.
Di Kota Yogyakarta terdapat 17.634 keluarga penerima manfaat yang memperoleh bantuan pangan nontunai.
Sejak disalurkan awal tahun, lanjut Irianto, tidak semua bantuan yang disalurkan terserap maksimal hingga 100 persen. Pada penyaluran tahap kelima atau September-Oktober, baru terserap sekitar 70 persen.
“Mungkin warga penerima bantuan belum membutuhkan sehingga memilih menabung dana yang mereka peroleh dan menggunakannya saat diperlukan,” katanya.
Selain itu, lanjut dia, masih ada penerima bantuan yang belum memperoleh kartu keluarga sejahtera (KKS) akibat beberapa kendala seperti kesalahan pencetakan nama atau kartu belum terdistribusi ke penerima.
“Ada juga proses perubahan data penerima yang dilakukan melalui musyawarah kelurahan. Kami sudah sampaikan perubahan data penerima ke pusat untuk bisa ditetapkan sebagai penerima baru. Tujuannya, agar bantuan lebih tepat sasaran,” katanya.(anjas)

Leave a Reply