Yogyakarta Upayakan Penyempurnaan Respons Layanan JSS

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya untuk terus menyempurnakan mekanisme respons terhadap berbagai keluhan dari masyarakat ataupun pemberian informasi kepada masyarakat yang memanfaatkan aplikasi “Jogja Smart Service”.
“Kami terus berupaya untuk menemukan formula terbaik dalam memberikan respons ke masyarakat, khususnya jika ada keluhan. Bagaimanapun juga, keluhan tersebut harus ditanggapi secara cepat dan tepat,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono di Yogyakarta, Selasa.
Menurut dia, terkadang masih saja ada keluhan maupun permintaan informasi dari masyarakat yang tidak ditujukan ke organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan kewenangan mereka.
“Kami, yang juga memiliki admin harus mengarahkan keluhan tersebut ke OPD yang tepat secepat-cepatnya agar segera direspons,” katanya.
Dalam proses penyempurnaan respons tersebut, Tri Hastono memastikan bahwa seluruh keluhan maupun permintaan informasi dari masyarakat tetap akan dilayani secara optimal. “Layanan pasti tetap jalan,” katanya.

Salah satu layanan yang juga akan melengkapi JSS dalam waktu dekat adalah pemberian layanan perizinan dan nonperizinan yang selama ini dilayani di kelurahan maupun kecamatan.
“Sejumlah layanan yang biasanya diakses masyarakat di kelurahan dan kecamatan akan segera diintegrasikan ke aplikasi `Jogja Smart Service (JSS),” katanya.
Jenis pelayanan perizinan yang bisa dilayani secara online di kecamatan disesuaikan dengan kewenangan wilayah di antaranya izin mendirikan bangunan, penggunaan aset, izin reklame, izin usaha mikro, izin ruang terbuka hijau publik, izin penyelenggaraan pondokan, izin PKL, izin parkir tidak tetap dan izin pemakaman.
Sedangkan jenis pelayanan non perizinan meliputi pemberian rekomendasi dan bentuk pelayanan administrasi lainnya.
Sementara itu, layanan non perizinan yang bisa dilayani di kelurahan di antaranya surat keterangan kelahiran dan surat keterangan kematian, surat keterangan nikah/rujuk, keterangan cerai/talak.
“Setiap kelurahan dan kecamatan sudah memiliki seksi pelayanan. Mereka yang akan bertugas memberikan layanan secara online ini,” katanya.
Pemerintah Kota Yogyakarta juga sudah menetapkan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kelurahan dan Kecamatan Berbasis Elektronik yang menjadi dasar pelaksanaan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =