oleh

1 Unit Rumah Ludes Dilalap Jago Merah

-Lahat-7 views

Lahat, jurnalsumatra.com –  Diduga konselting listrik mengakibatkan satu unit rumah milik Muhammad Amin (60) warga Desa Paduraksa Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, ludes dilalap sijago merah. Peristiwa tersebut, terjadi sekitar pukul 06.00 WIB pada Sabtu (16/01/2021). Cepatnya kobaran api hingga menyebabkan rumah korban semi permanen dua tinggal tersebut, hanya tinggal menyisakan puing puing kayu saja.

Dari kejadian yang ada, menyebabkan pemilik rumah harus kehilangan harta benda dan merugi mencapai puluhan juta rumah. Beruntung dari peristiwa itu tidak sampai menelan korban jiwa. “Benar, kejadiannya tepat sekitar jam 06.00 WIB pagi tadi, usai mendapat laporan sayapun langsung mengecek kelokasi kebakaran. Setidaknya, satu unit rumah korban bernama Muhammad Amin warga saya yang bertingkat dua ini habis terbakar,” ungkap Camat Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Pukatul Hadi, pada Sabtu.

Api dengan cepat menjalar, kata Pukatul Hadi, dikarenakan rumah terbuat dari papan kayu, sehingga dengan singkat disantap Sijago merah. “Setelah mendapat laporan, saya langsung menelpon pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Lahat, guna mengantisipasi agar kobaran api tidak menyambar kerumah rumah sebelahnya. “Beruntung, walaupun jarak tempuhnya cukup jauh, tapi api berhasil dijinakkan oleh Pemadam Kebaran (Damkar) Pemkab Lahat dan dibantu oleh warga sekitar kejadian,” tutup Camat.

Ia menjelaskan, untuk data sementara ini dari kejadian yang ada tidak menelan korban jiwa. Sedangkan, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, karena sampai saat ini perangkat desa masih mendata atas kerugian korban tersebut. Danramil Kikim Kapten Kav Okta menuturkan, beruntung warga di Desa cepat dan singgap sehingga api dengan cepat di padamkan ditambah lagi dua unit mobil Damkar.

“Awal terjadinya kebakaran penghuni rumah ada di tempat di kejutkan adanya percikan api keluar dari instalasi listrik yang berada di ruang kamar tidur atas dengan cepat api menyambar barang di dalam kamar, warga masyarakat dengan cepat datang membantu bergotong royong bersama memadamkan api,” urai Danramil.  Diterangkan Danramil, materil yang terbakar Ruang kamar terbakar bagian atas rumah dan Plapon rumah, kerugian ditaksir sekitar 20 jutaan rupiah.

Sementara, Kepala Dinas Pol PP, Linmas dan Damkar Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM dikonfirmasi menyampaikan, objek membuat rumah itu terbakar dugaan sementara ini, akibat arus pendek listrik. “Sedikitnya, dua unit mobil Damkar Pemkab Lahat kita terjunkan kelokasi kebakaran dengan dibantu anggota sekitar 15 orang,” pungkas Fauzan, seraya menambahkan, usai dilakukan pemadam satgas Linmas bersama warga Desa melakukan pembersihan lokasi kebakaran. (Din)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed