oleh

Bupati Bangka meminta masyarakat perhatikan kebersihan lingkungan

Sungailiat,Bangka, jurnalsumatra.com – Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan meminta masyarakat terutama yang tinggal di kawasan rawan banjir untuk memperhatikan kebersihan lingkungan.

“Saya tekankan masyarakat khususnya di daerah rawan banjir agar benar-benar memperhatikan kebersihan lingkungan terutama saluran air harus bersih dari sampah sehingga dapat mencegah terjadinya banjir,” katanya di Sungailiat, Senin menanggapi potensi banjir akibat musim penghujan.

Bupati mengatakan, terjadinya banjir seperti yang terjadi pada Selasa (12/1) lalu yang mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir selain faktor lingkungan juga karena naiknya air laut.

“Umumnya daerah rawan banjir berada di kawasan dekat pantai yang padat penduduk seperti di lingkungan nelayan, Air Hanyut dan sejumlah tempat lainnya,” kata Mulkan.

Bupati mendorong masyarakat meningkatkan kembali gotong royong membersihkan saluran air agar bebas dari sampah yang dapat menghambat kelancaran air mengalir, selain juga dengan kebersihan lingkungan sebagai upaya mencegah terjadinya berbagai penyakit.

“Banjir terjadi hampir setiap tahun saat musim penghujan dan biasanya disertai dengan pasangnya air laut,” ujarnya.

Dia minta agar pemerintah desa atau lingkungan segera berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan jika terjadi musibah bencana alam baik banjir, angin puting beliung maupun bencana alam lainnya.

Bupati mengatakan, korban banjir yang merendam ratusan rumah warga pada Senin (12/1) sudah mendapat bantuan sembako guna membantu meringankan kebutuhan pangan keluarga terdampak banjir.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed