oleh

Bupati Lahat Gelar RKPD 2022 Dikecamatan Merapi Area

-Lahat-20 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Bupati Lahat Cik Ujang bersama Wabup Lahat H.Haryanto SE.MM pada Rabu (20/01/2021) , melaksanakan penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 mendatang. Acara tersebut, dipusatkan diruang Aula kantor Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat, diikuti masyarakat se Kecamatan Merapi Area para kepala desa (Kades), dan BPD serta tokoh masyarakat, juga hadir dalam giat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk tahun 2022 mendatang.

syawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk Tahun Anggaran 2022 mendatang. Kegiatan yang bertema Demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daya saing daerah, yang di dukung perbaikan kualitas infrastruktur dan konektivitas yang berbasis perataan berkelanjutan” ini dipusatkan di aula Kantor Camatan Merapi selatan, Kabupaten Lahat, Rabu (20/1/2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Lahat Cik Ujang, Pj Sekda Lahat H.Deswan Irsyad M.Si, Asisten III Setda Lahat Raswan Ansori SE, jajaran OPD, Camat Merapi Selatan, Camat Merapi Barat, Camat Merapi Timur, para Kades, BPD, Danramil, Kapolsek Merapi, tokoh masyarakat serta undangan lainnya. Dalam laporan Camat Merapi Selatan, Heri Yulianto menerangkan, bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD yang dipusat di Kecamatan Merapi Selatan, bertujuan menampung Aspirasi masyarakat. “Lalu, disalurkan ke Pemerintahan Kabupaten Lahat melalui dinas dan badan yang membidangi. Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih pak Bupati Lahat beserta perangkat OPD yang menyempatkan hadir hari ini,” ujarnya.

Lalu dalam sesi usulan, Ketua Forum Kades Kecamatan Merapi Selatan mengusulkan pembangunan lanjutan jalan kecamatan sampai ke Simpang Telatang yang sudah sebagian besar terealisasi di Tahun 2020, perbaikan jalan longsor di Desa Telatang serta pembangunan jembatan di Desa Padang Baru. “Semua yang kami usulkan itu sangat penting dan dapat berakibat fatal jika tidak segera dipebaiki. Namun kami sangat beterima kasih atas pembangunan jalan di Kecamatan Merapi Selatan yang sudah dibaungun di Tahun 2020”, ucapnya.

Ketua Forum BPD Merapi Selatan mengusulkan bantuan dari sektor Pendidikan, Kesehatan, agar dibangun tembok penahan didekat TK Pembina. “Itu dikarenakan dikawasan tersebut, rawan akan bencana longsor dan membahayakan anak anak yang ada,” tegasnya. Camat Merapi Timur Kabupaten Lahat, Miharta SE.M.Si, supaya pembangunan lebih ditekankan di sektor Pertanian yakni, pengusulan bibit unggul dari berbagai sektor pertanian maupun perkebunan.

“Harapan kami, dengan dibantukannya bibit unggul maka Insyaallah, akan sangat membantu bagi para petani yang ada, dalam memperoleh hasil yang lebih baik lagi,” cetus Miharta. Sedangkan, Camat Merapi Barat Sumarno, mengharapkan realisasi usulan yang pernah disampaikan kepada pak Bupati Lahat. “Terutama masalah sampah, karena masyarakat masih banyak membuang sampah disungai. Serta perbaikan Jembatan Ayun di Pelancu Desa Ulak Pandan,” pintak Sumarno.

dian dari Merapi Barat yang juga disampaikan langsung oleh Camat Merapi barat, Sumarno yang hanya minta realisasikan usulan yang pernah disampaikan kepada Pak Bupati Lahat. “Termasuk masalah sampah, karena masyarakat masih membuang sampah di sungai. Kemudian perbaikan jembatan Ayun di Pelancu Desa Ulak pandan”, papar Camat.

Dari segala Permintakan dan pengajuan dari Kades, BPD, dan seluruh Camat Merapi Area, ditanggapi oleh Bupati Lahat Cik Ujang, bahwasannya ia menyarankan untuk usulan pembangunan yang menjadi skala priolitas, realistis, penting, dan sifatnya mendesak. “Oleh karenanya, Insyaallah ditahun 2022 mendatang, kita juga harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi (sikon) keuangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Lahat,” pungkas Cik Ujang.

Yang jelas diungkapkan Cik Ujang, ditahun tersebut adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan daya saing didukung bidang infrastruktur dan konektivitas berbasis tentang pemerataan. “Tujuannya, agar tidak terjadi tumpang tindih. Saya berharap kerja sama dari semua instansi sehingga anggaran yang dikeluarkan melalui APBD II Pemkab Lahat serta Bangun dapat terealisasi sesuai dengan yang diharapkan,” tutup Bupati Lahat. (Din)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed