oleh

Puluhan Desa Akan Melaksanakan Pilkades Serentak

-Lahat-20 views

Lahat, jurnalsumatra.com –  Rencananya kalau tidak ada ara melintang Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara Serentak. Pilkades serentak tersebut, akan digelar pada bulan Oktober 2021 mendatang, yang diikuti oleh 76 Desa wilayah Kabupaten Lahat. “Insyaallah, kalau tidak ada Ara melintang pada bulan Oktober nanti. Yang akan diikuti sebanyak 76 Desa yang ada di Bumi Seganti Setungguan,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lahat Ekman Mulyadi, pada Kamis (28/01/2021).

Dijelaskan Ekman, selain pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) dengan serentak, sehingga, perkiraan bulan Mei nanti, sudah mulai dilakukan penjaringan Calon Kepala Desa (Cakades). “Iya, Oktober ini akan kita gelar Pilkades secara serentak yang bakal diikuti oleh 76 Desa dalam wilayah Kabupaten Lahat,” tambahnya saat dibincangi kemarin. Untuk diketahui, kata Ekman, kepastian Pilkades sudah termasuk dalam anggaran tahun 2021, sehingga nanti akan dilihat kembali bagaimana mekanisme Pemilihan.

“Karena saat ini Lahat sedang dalam kondisi Pandemi Covid 19. Untuk itu, kita akan berkoordinasi dengan gugus tugas (Gusgas) Covid 19, Kabupaten Lahat masih menghadapi kondisi Covid-19,” terang Ekman. Nah, untuk tahapan Pilkades sendiri ditegaskannya, semua tahapan nantinya akan dibentuk panitia Pilkades didesa masing masing. Untuk perkiraan dibulan Mei mulai dilakukan penjaringan Calon Kepala Desa.

“Kalau kita mengacu pada aturan atau mekanismenya dilakukan Enam Bulan sebelum pelaksanaan Pilkades sudah dibentuk Panitia Pilkades,” urainya. Perlu diingat dan yang terpenting, menurut Ekmas, pada saat pelaksanaan Pilkades serentak nanti semua warga dimasing masing Desa diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai anjuran Pemerintah. “Oleh karenanya, persoalan yang ada akan kita koordinasikan dengan gugus tugas (Gusgas) Kabupaten Lahat, bagaimana baiknya pada pelaksanaan Pilkades agar tidak berkerumun nantinya,” pungkas Ekman. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed