oleh

Dinsos Gelar Simulasi Bantu Warga Terdampak Bencana

-Lahat-16 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Usai mengikuti apel siaga dalam menghadapi bencana banjir, dan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak, dihalaman Pemkab Lahat, pada Selasa (02/02/2021). Personil dari Tagana Dinas Sosila (Dinsos) Kabupaten Lahat langsung melakukan SIMULASI, puluhan warga yang berada disalah satu Desa Kabupaten Lahat tertimpa musibah banjir bandang akibat tumburan hujan deras semalaman, sehingga, membuat Tagana Dinsos Lahat bergerak cepat guna memberikan pertolongan.

Semua personil Tagana Dinsos, lebih tanggap mulai dari mendirikan tenda darurat, sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap warga yang terdampak banjir. Lalu, personil Tagana lainnya melakukan pertolongan untuk mengevakuasi warga ketenda darurat. Dilanjutkan, usai mendirikan tenda, mengevakuasi warga untuk diamankan ketenda darurat, terutama warga yang rumahnya terendam banjir. Setelah itu, mobil menyiapkan dapur umum Dinsos langsung dibuka untuk memenuhi kebutuhan bagi warga terdampak bencana.

Aksi mulai mendirikan tenda darurat, sampai membuka dapur umum tersebut, merupakan SIMULASI tanggap bencana darurat dalam menghadapi banjir dan longsor di Kabupaten Lahat yang dilakukan dihalaman Pemkab Lahat. Digelarnya SIMULASI ini, Bupati Lahat dan Forkompinda Lahat menilai merupakan contoh cepat tanggap personil Tagana dalam menghadapi bencana, karena ini sangat penting ditambah edaran dari BMKG curah hujan wilayah Lahat sangat tinggi.

“Intinya, kesiapan dan siaganya personil Tagana Dinsos dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kabupaten Lahat dan memang setiap tahun Lahat kerap dilanda banjir dan longsor,” ungkap Bupati Lahat Cik Ujang usai Apel Siaga dan Simulasi Tanggap Bencana. Karena, menurut Bupati Lahat, kalau berdasarkan data berpotensi banjir dan longsor ditiap Kecamatan yang ada. Untuk menghadapi itu semua perlu ada kesiapan mulai dari sarana dan prasarana.

“Berpotensi banjir dan longsor, karena Lahat banyak daerah perbukitan. Namun, kalau melihat SIMULASI yang dilakukan personil Tagana sudah cukup, ditambah masih banyak yang muda dan penuh enerjik. Silakan ajukan bagi perahu yang rusak untuk diganti lagi,” pesan CU. Plt Kepala Dinas Sosial, Endang Rismawati SH menyampaikan, semua yang dilakukan oleh personil Tagana Dinsos ini merupakan SIMULASI untuk persiapan sewaktu waktu Lahat menghadapi bencana banjir maupun longsor. “Jadi, hasil rapat koordinasi beberapa waktu lalu, diputuskan sangat perlu untuk dilaksanakan SIMULASI dan APEL KESIAGAAN BENCANA, ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan bagi personil yang ada, dalam menghadapi bencana kedepannya,” tutup Endang Rismawati. (Din)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed