oleh

Ruas Jalan Lintas Tanjung Sakti Tertimbun Longsor

-Lahat-8 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Curah hujan yang tinggi menerjang Kabupaten Lahat belakangan ini, mulai menjadi momok bagi masyarakat Lahat tak terkecuali warga ditiap Kecamatan Kabupaten Lahat. Seperti yang terjadi di Jl Lintas Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat, menuju Manna Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, pada Rabu (03/02/2021),  sekitar pukul 01.00 WIB telah terjadi tanah Longsor. Sehingga, mengakibatkan ruas jalan yang ada tertimbun tanah mencapai 10 Meter.

Peristiwa longsor tersebut, terjadi tepatnya di tikungan Lubuk Alang Desa Pulau Timun Kecamatan Tanjung Sakti PUMI. Sedangkan, dampak dari kejadian tanah longsor ini, membuat warga sekitar tidak bisa beraktifitas, termasuk kendaraan R4 dan R2 tidak bisa melintas sama sekali. Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Shawaf Al Amin SE M.Si melalui Danramil 405-11 Tanjung Sakti Kapten Inf Mardiyanto dibincangi wartawan membenarkan peristiwa tanah longsor di Pulau Timun yang merupakan akses menuju ke Bengkulu Selatan.

“Kejadian longsor itu, sekitar pukul 01.00 WIB, sehingga menutupi ruas atau badan jalan sekitar 10 meteran kendaraan R4 maupun R2 tidak bisa melintas,” ungkap Kapten Mardiyanto. Dikarenakan peristiwanya malam hari sambung Mardiyanto, sempat kesulitan untuk melakukan koordinasi. Namun, berkat Babinsa Sertu Junaidi anggota Koramil Tanjung Sakti bersama anggota Polsek tanjung Sakti Bripka Yunus berkordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk mendatangkan alat berat guna memberi material longsor di lokasi.

“Alhamdulillah, sekitar pukul 06.30 WIB tanah yang menutupi akses jalan lintas tersebut, berhasil kita bersihkan setelah 1 unit alat berat berjenis Doser tiba dilokasi longsor langsung dilaksanakan pembersihan material longsor, dan kini aktifitas kendaraan sudah bisa lewat dan arus lalu lintas kembali normal,” tegasnya. Dijelaskan Mardiyanto, selain itu turut turun kelokasi Kepala Dinas PU Lahat, guna untuk mengecek pembersihan tanah longsor sampai kondisi kembali normal. “Ya, sekarang jalan sudah bisa dilalui lagi, baik oleh R4 maupun R2. Arus lalu lintas telah kembali normal,” pungkas mantan Pasi PERS Kodim 0405 Lahat. (Din)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed