oleh

Petugas Unit Tranfusi Darah PMI Gunung Kidul dapat vaksin COVID-10

Gunung Kidul, DIY, jurnalsumatra.com – Petugas Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat prioritas vaksin COVID-19 jenis Sinovac tahap pertama karena bagian tenaga kesehatan yang melayani pendonor dan pasien penerima transfusi darah.

Petugas Unit Logistik PMI Gunung Kidul Slamet Riyanto di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan anggota PMI yang mendapat vaksin COVID-19 dibagi dua gelombang, yakni tahap pertama Unit Transfusi Darah, gelombang kedua menyusul sisanya.

“Pegawai Unit Tranfusi Darah PMI tergolong tenaga kesehatan karena melayani pendonor dan pasien penerima transfusi darah. Data ini pun sudah masuk ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan data PMI Gunung Kidul, ada 12 pegawai UTD yang menerima vaksin. Namun yang bisa hadir hanya sembilan orang, enam orang diantaranya dapat menerima suntikan dosis pertama vaksin.

“Penerima vaksin COVID-19 gelombang kedua sedang kami koordinasikan. Saat ini sedang diupayakan agar bisa menerima vaksin, termasuk para relawan yang menangani pemakaman,” katanya.

Kepala Klinik Pratama Kartika, Sersan Mayor TNI Sugiyanto mengatakan ada tiga petugas yang ditunda untuk disuntik vaksin karena tak lolos pemeriksaan kesehatan. Mereka diketahui memiliki tekanan darah tinggi, yakni melebihi 140/90 mmHg. “Ketiga calon penerima vaksin ditunda dulu untuk penerimaan vaksinnya sampai kondisinya normal kembali,” katanya.

Ia mengatakan Kamis ini merupakan vaksinasi kedua yang dilaksanakan di Klinik Pratama Kartika. Vaksinasi pertama dilakukan pada 29 Januari lalu. Adapun penerimanya para tenaga kesehatan di klinik, termasuk dirinya sendiri.

“Sisa 2 dosis vaksin COVID-19 yang belum terpakai dikembalikan dahulu ke Dinkes Gunung Kidul sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed