oleh

Daop Madiun batalkan enam perjalanan KA imbas banjir Jakarta

Madiun, jurnalsumatra.com – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun membatalkan enam perjalanan kereta api (KA) yang melintas di wilayahnya dengan rute dari dan menuju Jakarta karena imbas banjir dan perbaikan jalur sehingga perjalanan KA terhambat.

“Saat ini kondisi jalur masih belum aman untuk dilalui KA karena fondasinya yang tergerus banjir. Sehingga perjalanan KA yang melalui jalur lintas Kedunggedeh-Lemahabang pada keberangkatan tanggal 22 Februari belum dapat dioperasikan,” ujar Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Senin.

Menurut dia, dari enam KA melitas di wilayah Daop Madiun yang dibatalkan, rinciannya adalah satu KA dari Stasiun Pasar Senen, satu KA tujuan Pasar Senen, dua KA dari Stasiun Gambir, dan dua KA tujuan Stasiun Gambir.

Untuk KA dari Stasiun Pasar Senen adalah KA Jayakarta relasi Pasar Senen-Madiun-Kertosono-Jombang-Surabaya Gubeng. Sedangkan KA tujuan Pasar Senen yakni KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Jombang-Kertosono-Madiun-Pasar Senen.

Sementara dari Stasiun Gambir, yakni KA Bima relasi Gambir-Madiun-Kertosono-Jombang-Surabaya Gubeng, KA Gajayana relasi Gambir-Madiun-Kertosono-Blitar-Malang.

Tujuan Stasiun Gambir, yakni KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Jombang-Kertosono-Madiun-Gambir serta KA 71A Gajayana relasi Malang-Blitar-Kertosono-Madiun-Gambir.

“Kami dari Daop 7 Madiun mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA atas pembatalan ini, dikarenakan dampak cuaca ekstrem sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA,” kata Ixfan.

Pembatalan, kata dia, dilakukan dengan mempertimbangkan keselamatan, karena kondisi jalur rel belum dapat dilalui untuk perjalanan KA.

Banjir di wilayah Daop 1 Jakarta yang terjadi di petak jalan KA antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55 +100 sampai dengan KM 53+600 dengan ketinggian air sampai dengan 150 CM di atas kop rel, tidak hanya merendam jalur rel, namun juga mengakibatkan fondasi batu balas pada rel tergerus air akibat arus yang cukup deras. Sehingga memerlukan waktu untuk proses perbaikan prasarana jalur rel.

“Sampai dengan saat ini, tim PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan upaya maksimal untuk memperbaiki prasarana yang terdampak banjir tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak,” katanya.

Sementara itu, bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan 22 Februari 2021 tujuan Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket hingga 30 hari ke depan, dengan pengembalian 100 persen melalui loket pembatalan di stasiun.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed