oleh

Cik Ujang Luncurkan Buku Senandika

-Lahat-13 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Bertempat di Gedung Pertemuan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, pada Rabu (03/03/2021) , Bupati Lahat Cik Ujang hadir sekaligus meluncurkan buku Senandika. Buku yang diluncurkan Kepala Daerah Lahat ini, bercerita tentang antologi, cerpen, dan puisi. Dalam laporan buku Senandika yang disampaikan Aan Kuncay menyampaikan, adanya peluncuran buku ini diawali lomba cerita dan puisi.

Buku ini bertemakan kebudayaan dan lombat tersebut didukung Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Lahat. Ide ini sudah lama termasuk pelaksanaan lombanya. Setelah itu, Aan Kuncay, berpikir untuk menciptakan yang lebih lagi dan Alhamdulillah mendapat respon Pemkab Lahat dan instansi terkait lainnya.

“Dan, bersyukur sekali kami bisa meluncurkan buku Senandika yang diambil dari judul puisi peserta. Namun, ini tidak hanya sekedar buku, tetapi bagaimana cara merangkum dan mencatat kebudayaan di Kabupaten Lahat dalam bentuk Cerpen dan Puisi,” ucap Aan, seraya menambahkan, buku ini merupakan sejarah karena sebelumnya tidak ada tulisan bersama.’Terima kasih kepada penulis dipeluncur buku ini.’

Turut hadir dalam kegiatan peluncuran buku Senandika ini, Bupati Lahat Cik Ujang, Wakapolres Lahat Kompol Jossy S.St MM, staf khusus Bupati Lahat Bidang Pendidikan H.Matchik SH, Kadisdik Lahat Drs.H.Suhirdin MM, Kepala Bank Sumsel Babel M.Taufik, SKPD, Dewan Kesenian Lahat, para penulis dan penyiar serta tamu undangan yang ada. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Drs.H.Suherdin MM mengatakan, dengan mengucapkan Alhamdulillah bisa meluncurkan buku Antologi cerpen dan puisi.

“Terus terang buku ini sangat bagus, sehingga, kami harapkan kedepan bisa tumbuh cerpen maupun puisi yang baru lagi. Untuk perdana buku ini kita cetak sebanyak 500 Eks dan akan dibagikan peserta/panitia ke-sekolah dan memang akan terasa sekali manfaatnya, Untuk menyemangati generasi muda juga para Pelajar yang ada,” ujar Kadisdik Pemkab Lahat. Ia juga berharap dengan diluncurkannya buku Antologi ini, dapat memotivasi semua kita yang ada disini untuk menulis dan meningkatkan karya putra putri bangsa khususnya di Kabupaten Lahat.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang yang sekaligus meluncurkan buku Cerpen dan Puisi Senandika menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas kerjasama semua pihak, sehingga, buku ini dapat diluncurkan. “Alhamdulillah, atas kerjasama semua pihak dan kami sangat berterima kasih dan proses pencetakan buku Senandika. Kami memahami suasana dan upaya sejak diadakan lomba dan melahirkan buku yang menjadi catatan sejarah,” terang Bupati Lahat.

Cik Ujang menjelaskan, lahirnya buku Senandika yang memadukan karya penulis lintas generasi merupakan yang pertama di Kabupaten Lahat dan lahirnya buku Antologi ini merupakan sejarah baru di Era Kepemimpinan ‘Cahaya’ “Harapan kami untuk penulis jangan berpuas diri, buatlah karya karya dengan tema yang lain, serta mengharumkan nama Kabupaten Lahat tulis pesan kalian kekanca Nasional dan Internasional, penerbitan buku melalui karya sastra tidak lekang di makan waktu banyak sekali manfaatnya,” tambahnya. Selain itu, disampaikan Bupati Lahat percetakan pertama 500 Eks ini, cukup membanggakan karena inovasi dan kreasi ini, kedepannya bisa membawa nama Kabupaten Lahat kedepan dapat maju dan lebih bercahaya. (Din)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed