oleh

Sleman siap berikan vaksinasi tahap kedua kepada 87.425 pendaftar

Sleman, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap memberikan vaksinasi COVID-19 kepada 87.425 orang yang telah mendaftarkan diri pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua yang diluncurkan pada Sabtu 27 Februari 2021 oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di RSUD Sleman.

“Ada sebanyak 87.425 sasaran vaksinasi yang telah mendaftar dan¬†pelaksanaan vaksinasi akan dimulai hari ini untuk aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah, BUMN serta BUMD,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Sleman Shavitri Nurmaladewi di Sleman, Senin.

Menurut dia, sasaran vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang telah mendaftarkan diri tersebut meliputi pedagang pasar sebanyak 7.828 pendaftar, petugas pariwisata sebanyak 5.680 pendaftar, pejabat/perangkat OPD 694 pendaftar, DPRD Sleman 59, karyawan BUMN 1.054, karyawan BUMD 881 pendaftar.

“Kemudian pejabat publik lainnya sebanyak 24.000, wartawan dan pekerja media 508, lansia 23.757 pendaftar dan lainnya sebanyak 2.641. Total seluruh pendaftar yang telah terdata (ter-input) sebanyak 87.425 pendaftar,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Sleman mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi ASN di lingkungan pemerintah daerah setempat pada 8 hingga 10 Maret 2021 mulai pukul 09.00 hingga 13.30 WIB yang dipusatkan di selasar Ballroom lantai 3 Sleman City Hall Jalan Magelang.

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ASN dibagi dalam tiga sesi setiap harinya, dan sudah ditentukan jadwal untuk masing-masing karyawan organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan vaksinasi,” katanya.

Syarat ASN yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 tersebut yakni pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, instansi vertikal dan lembaga pemerintah lainnya.

“ASN yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 tersebut harus dapat menunjukkan bukti sebagai pegawai pemerintah dengan menunjukksn kartu pegawai,” katanya.

Syarat lain adalah masing-masing dari ASN yang akan mengikuti vaksinasi juga harus sudah terdaftar di website daftarvaksin.slemankab.go.id.

Jadwal lengkap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yakni, untuk 8 Maret 2021, sesi pertama pukul 09.00 hingga 10.00 WIB adalah persiapan pemberian vaksinasi.

Kemudian sesi II pukul 10.30 sampai 11.30 WIB jadwal pegawai yang vaksinasi meliputi ASN dari lingkungan Kejaksaan Negeri Sleman, Pengadilan Negeri Sleman, BPS Sleman serta Kantor Pertanahan/BPN Sleman.

“Selanjutnya sesi III pukul 11.30 sampai 12.30 terdiri dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman, Kantor Kementerian Agama Sleman, Pengadilan Agama Sleman, BPJS Sleman dan PMI Sleman,” katanya.

Selanjutnya untuk 9 Maret, sesi I untuk ASN di lingkungan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sleman, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman, BPBD Sleman, Bappeda Sleman dan Dinas Kebudayaan Sleman.

Sesi II, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman, Diskominfo Sleman, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP), Dinas PMK Sleman dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sleman.

Sesi tiga, Dinas Pemuda dan Olahraga, DPMPTT Sleman, Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan.

Ia mengatakan, untuk hari terakhir pada 10 Maret meliputi, sesi I Disperindag Sleman, Dinas Perpustakaan dan Arsip Sleman, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Sleman serta Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman.

Kemudian sesi II vaksinasi untuk ASN dari Dinas Sosial Sleman, Dinas Tenaga Kerja Sleman, Inspektorat Sleman, Satpol PP Sleman, Sekretariat Daerah Sleman dan Dinas Koperasi dan UKM Sleman.

“Sedangkan sesi tiga yakni untuk karyawan BUMN dan BUMD, yakni Kantor Pos Sleman, PLN Sleman dan PDAM Sleman,” katanya.

Selain itu, ada sekitar 10 sampai 11 fasilitas kesehatan (faskes) yang bertugas melakukan vaksinasi di Sleman City Hall per harinya selama pelaksanaan vaksinasi.

“Tata cara vaksinasi pegawai menuju meja registrasi (meja 1) untuk diverifikasi identitas dan status pendaftarannya. Pegawai kemudian menuju ke meja screening (meja 2) untuk diukur tensi dan suhu badannya, juga untuk memastikan pegawai layak memperoleh vaksinasi,” katanya.

Pegawai selanjutnya menuju ke meja vaksinasi (meja 3) untuk memperoleh injeksi vaksin COVID-19. Pegawai melanjutkan ke meja observasi (meja 4) dan menunggu selama 30 menit untuk memastikan tidak terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Sebagaimana yang telah diketahui, kick off vaksinasi COVID-19 Tahap II di Kabupaten Sleman telah dilaksanakan pada 27 Februari 2021 di RSUD Sleman. Pada kesempatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Sleman, para pimpinan perangkat daerah, sekretaris perangkat daerah dan anggota DPRD memperoleh vaksinasi COVID-19.

Selanjutnya, pada minggu pertama Maret 2021, Vaksinasi COVID-19 Tahap II kembali dilakukan untuk TNI, POLRI, dan ASN di tingkat Kapanewon dan Kalurahan.

Jadwal vaksinasi untuk pekerja/petugas pelayanan publik lainnya juga untuk lansia akan diumumkan kemudian.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed