oleh

IAIN Palu: Mahasiswa PPL wajib bantu maksimalkan proses pembelajaran

Palu, jurnalsumatra.com – Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah menyatakan mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) wajib dan harus membantu memaksimalkan proses pembelajaran di tempat PPL.

“Salah satu tugas mahasiswa dalam pelaksanaan PPL, yakni membantu memaksimalkan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan, di masa pandemi COVID-19,” ucap Dekan FTIK IAIN Palu Dr Hamlan saat menyampaikan sambutan pada pembekalan mahasiswa PPL gelombang II tahun 2021 di Palu, Selasa.

Hamlan mengatakan FTIK IAIN Palu akan menurunkan mahasiswa semester akhir untuk mengikuti PPL di empat satuan pendidikan di Kota Palu, meliputi Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) I Palu, Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palu, Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Palu, dan di RA DWP Kemenag Sulteng.

Di empat satuan pendidikan tersebut, kata Hamlan, dalam pelaksanaan proses pembelajaran, mahasiswa mengikuti proses pembelajaran yang diterapkan oleh masing-masing satuan pendidikan.

“Bila dilaksanakan secara online, mahasiswa juga harus siap untuk membantu melaksanakan proses pembelajaran tersebut. Begitu juga bila dilaksanakan secara offline,” ungkap Hamlan.

Peran serta mahasiswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran, kata dia, akan menjadi satu indikator penilaian yang menentukan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam pelaksanaan PPL.

Ia menyebut pihaknya juga akan menurunkan dosen sebagai tim pendamping atau penilai mahasiswa yang melaksanakan PPL, yang berkoordinasi dengan pihak satuan pendidikan.

“Nanti ada dosen pembimbing yang dalam pelaksanaan pembimbingan juga berkoordinasi dengan pihak sekolah atau satuan pendidikan,” sebutnya.

Berdasarkan data FTIK IAIN Palu, 472 mahasiswa dari tujuh program studi telah mengikuti PPL gelombang satu, sedangkan 45 mahasiswa dari tujuh prodi akan mengikuti PPL gelombang II tahun 2021 yang dilaksanakan pada 15 Maret-24 April 2021.

Mahasiswa yang akan turun PPL gelombang II saat ini sedang mengikuti pembekalan dengan berbagai materi yang telah disiapkan oleh FTIK.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed