oleh

Sumbar siapkan Rp6 miliar perbaiki jalan Bukit Manggiu Solok Selatan

Padang Aro, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan Rp6 miliar untuk memperbaiki jalan di Bukit Manggiu, Kabupaten Solok Selatan, yang menghubungkan tiga kecamatan ke pusat ibukota Padang Aro.

“Kadis PUPR Sumbar Pak Fathol menyampaikan bahwa perbaikan jalan Bukit Manggiu segera dilaksanakan tahun ini senilai Rp6 miliar,” kata Pj. Sekretaris Daerah Solok Selatan Doni Rahmat Samulo di Padang, Selasa.

Informasi ini ia peroleh dalam rapat koordinasi Perencanaan Pembangunan Sumatera Barat bersama Pemprov dan kabupatan/kota di auditorium gubernuran di Padang, Senin (8/3).

Doni juga menyampaikan bahwa dalam rakor yang dihadiri langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy tersebut juga menekankan bahwa pemprov akan terus mendukung upaya Pemkab Solok Selatan untuk memperlancar akses jalan dari dan menuju kabupaten itu.

“Termasuk jalan menuju Dharmasraya, Alahan Panjang, dan ruas jalan lainnya menurut Wagub harus menjadi prioritas Dinas PUPR provinsi untuk membantu pembangunannya,” ujarnya.

Dalam eksposenya di hadapan gubernur dan wakil gubernur, Doni yang hadir bersama OPD terkait meminta agar beberapa ruas jalan strategis provinsi dan nasional di Solok Selatan dapat terus dilanjutkan pembangunannya.

Diantaranya akses jalan menuju Dharmasraya, ruas jalan nasional Surian – Batas Jambi, jalan Padang Aro – Lubuk Malako, Lubuk Malako menuju Abai, serta beberapa ruas jalan lainnya.

“Jalan ini penting untuk membuka akses dengan daerah lain dan untuk membantu peningkatan perekonomian kita di Solok Selatan,” katanya.

Tidak hanya jalan Bukit Manggiu, ia juga menyampaikan bahwa Pemprov melalui Kepala Dinas PSDA juga menyampaikan bahwa beberapa daerah irigasi akan dibangun tahun ini, termasuk daerah irigasi di Pekonina.

Kemudian pemprov juga menyampaikan bahwa pada tahun 2022 akan diluncurkan program penataan kawasan. Dan salah satu daerah yang akan menjadi prioritas adalah kawasan Kampuang Tarandam yang setiap tahunnya selalu menjadi langganan banjir.

Sementara itu Plt. Kadis Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertanahan Solok Selatan Yolly Hirlandes Putra mengatakan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas PUPR Sumbar terkait pekerjaan jalan di Bukit Manggiu tersebut.

Dia belum bisa memastikan titik lokasi pekerjaan yang akan dilaksanakan Dinas PUPR Sumbar di Bukit Manggiu tersebut.

“Besok salah seorang Kasie langsung kita tugaskan untuk berkoordinasi dengan dinas PU provinsi terkait pekerjaan jalan di Manggiu,” katanya.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed