oleh

Satgas: 1.075 dari 79.288 lansia di Babel telah divaksinasi COVID-19

Pangkalpinang, Jurnalsumatra.com – Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 1.075 dari 79.288 masyarakat lanjut usia (lansia) telah divaksinasi COVID-19, guna meningkatkan kekebalan lansia dari virus corona jenis baru penyebab COVID-19 itu.

“Alhamdulillah, vaksinasi COVID-19 tahap kedua kepada lansia ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan program vaksinasi COVID-19 massal tahap kedua hingga Selasa (9/3) malam kepada lansia sudah mencapai 1.075 orang atau 1,36 persen dari target awal 79.288 jiwa.

Sementara itu, realisasi vaksinasi COVID-19 tahap kedua kepada petugas pelayanan publik sebanyak 6.789 atau 7,58 persen dari target sasaran awal 89.573 orang petugas. Vaksinasi tahap pertama kepada tenaga kesehatan sebanyak 21.310 orang.

“Kita terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat lansia dan petugas pelayanan publik, agar vaksinasi ini berjalan optimal,” katanya.

Menurut dia berdasarkan evaluasi yang dilakukan, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai realisasi vaksinasi Covid-19 masih tergolong masih rendah terutama pada tahap pertama yang menyasar SDM kesehatan dan pejabat publik serta pada tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia.

“Vaksinasi Covid-19 perlu dilakukan akselerasi agar herd immunity semakin cepat terbangun sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan selaku Ketua Satgas telah membentuk Tim Percepatan Vaksinasi Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kami mendukung penuh kebijakan pemerintah provinsi membentuk tim percepatan vaksinasi ini, agar upaya dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona ini dapat berjalan dengan baik,” demikian Andi Budi Prayitno. (anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed