oleh

Hampir Setiap Penjuru Lahat Banyak Peninggalan Eks Transmigrasi

Lahat, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengakui berat menjadi Kepala Daerah yang banyak peninggalan infrastruktur eks transmigrasi terutama di Kabupaten Lahat hampir disetiap penjuru menjadi wilayah Transmigrasi.

“Lahat ini hampir di setiap penjuru banyak peninggalan eks transmigrasi, disitu ada jalan unit belum lagi jalan blok yang lebih lebar karena waktu itu banyak lahan kosong,” terang H.Herman Deru saat menyampaikan arahan pada peresmian Infrastruktur di Kabupaten Lahat, pada Sabtu (13/03/2021).

Menurutnya, untuk di Sumsel ini ada ribuan KM jalan peninggalan infrastruktur lama di setiap Kabupaten, sekarang di wilayah tersebut menjadi sentral produksi.”Memang ini berat tugas sebagai kepala daerah. Memang menjadi beban keuangan yang luar biasa,” ungkapnya lugas. Untuk itulah sambung H.Herman Deru, pernah disampaikan langsung kepada Menteri Bappenas bahwa di Sumsel ini banyak peninggalan eks Transmigrasi yang semua harus dibebankan kepada Kabupaten.

“Saya sudah bisa membayangkannya sendiri, namun mereka yang tinggal di Transmigrasi juga harus diberikan infrastruktur sama halnya di masyarakat di Kota, sehingga tidak ada tebang pilih pembangunan harus sama rata dari Ujung sampai perbatasan,” jelasnya.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang mengakui Kabupaten Lahat cukup luas dengan 24 Kecamatan, 360 Desa dan 17 Kelurahan sehingga tidak bisa semua terkaver oleh dana APBD Lahat beda halnya seperti daerah lain dengan APBD yang besar dan wilayah yang tidak besar.

“Kedepan saya minta kepada Gubernur Sumsel untuk bisa memberikan bantuan dana untuk pembangunan di Kabupaten Lahat, saat ini Pemkab Lahat telah membangun jalan cor beton di desa-desa yang 34 tahun belum tersentuh pembangunan,” terang Cik Ujang. (Din)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed