oleh

Muba Perdana Kucurkan Dana untuk 227 TP PKK Desa

Muba, jurnalsumatra.com –  Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin memberikan bantuan kepada Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa melalui Alokasi Dana Desa Kabupaten Tahun Anggaran 2021. Bantuan kali pertama untuk TP PKK desa ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi pada acara Silaturahmi Ketua TP PKK Kabupaten Muba bersama TP PKK Desa dalam Kabupaten Muba, bertempat di Opproom Pemkab Muba, Selasa (6/4/2021).

Bantuan berupa uang pembinaan yang diterima oleh 227 TP PKK Desa dalam Kabupaten Muba itu dengan besarannya bervariasi mulai dari 5 juta hingga 41 juta rupiah tergantung dengan program kegiatan yang diusulkan PKK Desa itu sendiri. Pada kesempatan itu, Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi merasa sangat bersyukur desa di Kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Beni Hernedi, menganggarkan di  ADDK. Bantuan ini mendorong kegiatan TP PKK di Desa.

“Kita yakin melalui program-program dari TP PKK Desa dapat membantu mensejahterakan masyarakat,” Kata Apriyadi. Untuk itu lanjut dia, TP PKK Desa dituntut melakukan inovasi-inovasi dan program kegiatan yang benar-benar memberikan manfaat atau multiplayer efek untuk masyarakat. “Kami minta ini dimanfaatkan sebesar-besarnya, terutama inovasi desa yang dapat mensejahterakan rakyat, ” imbuhnya.

Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza menyampaikan pemberian dana kegiatan PKK yang diambil dari ADDK, adalah hasil telaah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan TP PKK Kabupaten Muba, karena sering kali terjadi TP PKK Desa tidak bisa melanjutkan kegiatan yang disebabkan oleh tidak adanya dana. “Ibu-ibu TP PKK Desa silahkan mengajukan kegiatan, buat program yang benar-benar menyentuh langsung ke masyarakat,” Ujar Thia.

Dijelaslannya, bahwa Kabupaten Muba adalah kabupaten yang berprestasi, dimasa pandemi Muba bertabur prestasi, atas kerja keras semua pihak. Diantaranya pada tahun 2020 lalu meraih sebagai TP PKK Terinspiratif, karena program unggulan kelorisasi dan perpustakaan desa, kemudian Wanita Inspiratif Provinsi Sumsel, dari lima, dua diantaranya dari Muba yakni dari Dinas Kesehatan Muba, dan Penggerak Perpustakaan Desa.

“Prestasi yang baru saja kita terima adalah kita berhasil mengantarkan Sumsel sebagai juara UP2K Tingkat Nasional, karena Muba meraihnya untuk Sumsel, kita harus bangga serta harus kita pertahankan,” Jelas dia. Wanita yang dijuluki Bunda Baca di Kabupaten Muba ini juga menuturkan Pemerintah Kabupaten Muba sudah mempunyai Rumah Kemasan yang bisa dimanfaatkan bagi Pelaku UMKM terkait dengan pengemasan produk, agar dapat meningkatkan mutu, penampilan, nilai jual dan daya saing produknya.

“Kabupaten Muba adalah satu-satunya kabupaten yang punya Rumah Kemasan, untuk itu silahkan kita manfaatkan sebaik-baiknya,” tandasnya. Sementara Kepala Dinas PMD Muba H Richard Cahyadi AP MSi mengungkapkan Pemkab Muba telah memberi wewenang kepada kepala desa terkait pengalokasia ADDK untuk TP PKK Desa, besaran anggaran sesuai dengan kebutuhan yang diajukan TP PKK Desa. “Untuk seluruh TP PKK Desa kita sudah bekerjasama dengan media, untuk itu silahkan disampaikan inovasi apa yang akan kita publikasikan dimedia,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Susi Imelda Beni sekaligus sebagai Wakil Ketua TP PKK Muba, pengurus TP PKK Kabupaten Muba, Camat, TP PKK Kecamatan, dan Para Kepala Desa, dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 (Rafik elyas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed