oleh

Bupati Kapuas Hulu: Jalan Empanang-Puring Kencana butuh sentuhan pusat

Putussibau, Kapuas Hulu, jurnalsumatra.com – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyatakan kondisi jalan Empanang-Puring Kencana cukup memprihatinkan sehingga perlu perhatian khusus pemerintah pusat apalagi daerah tersebut merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

“Kami minta agar pusat memperhatikan pembangunan jalan simpang empat Empanang-Puring Kencana yang juga merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia,” kata Fransiskus Diaan, ketika mendampingi kunjungan kerja Anggota Komisi II DPR RI Cornelis di Nanga Badau batas Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalbar, Kamis.

Disampaikan Fransiskus, ruas jalan Empanang-Puring Kencana memerlukan anggaran yang cukup besar, sehingga dana dari daerah tidak akan mampu menangani jalan tersebut.

Menurut dia, di daerah perbatasan wilayah Kapuas Hulu masih banyak yang terisolir dan tertinggal serta terbatasnya infrastruktur, sarana dan prasarana mengharuskan pemerintah daerah lebih memfokuskan program-program pembangunan yang ditujukan kepada masyarakat perbatasan baik dari sisi kehidupan berupa peningkatan pendapatan dan peningkatan akses terhadap berbagai pelayanan dasar berupa kesehatan dan pendidikan.

Selain itu, pemerintah juga berupaya dari sisi produktivitas nya melalui berbagai program peningkatan keterampilan, penguatan modal, infrastruktur dasar dan program pemberdayaan masyarakat dengan pola padat karya.

“Salah satu yang masih sangat tertinggal itu daerah Puring Kencana dan sejumlah kecamatan perbatasan lainnya,” ucap Fransiskus.

Sementara itu, Anggota DPR RI Cornelis menyatakan siap memperjuangkan kebutuhan pembangunan daerah perbatasan sebagai upaya mewujudkan pemulihan ekonomi masyarakat sesuai program Presiden Joko Widodo.

“Saya akan cek data, karena tanpa data sulit bagi saya memperjuangkan terutama dalam penganggaran, daerah perbatasan harus menjadi aspek pemulihan ekonomi,” kata Cornelis.

Kecamatan Puring Kencana merupakan kecamatan yang berada di paling ujung Lintas Utara perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Kapuas Hulu, Kalbar.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed