oleh

Baznas Kota Jambi salurkan Rp2,1 miliar untuk mustahik

Jambi, jurnalsumatra.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jambi pada 2021 menyalurkan dana sebesar Rp2,1 miliar untuk para mustahik (yang berhak memperoleh zakat) yang secara simbolis diserahkan oleh Wali Kota Syarif Fasha.

Pada tahun ini ada 6.000 mustahik yang menerima zakat dari para aparatur sipil negara (ASN) di organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kota Jambi atau terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya hanya 5.000 sasaran, kata Wali Kota Syarif Fasha di Jambi, Senin.

Para mustahik tersebut adalah perwakilan dari sekolah madrasah, kelurahan dan pekerja harian lepas (PHL) yang dilangsungkan di Kantor halaman Damkar Kota Jambi sebagai posko Gugus Tugas COVID-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Berdasarkan laporan bahwa setiap tahun pada Baznas Kota Jambi dapat terkumpul zakat, sedekah maupun infak lebih kurang sebesar Rp8 miliar.

“Zakat-zakat ini berasal dari ASN Pemkot Jambi, Kemenag Kota Jambi maupun masyarakat dan bantuan itu diberikan ke delapan asnaf yang memang membutuhkan bantuan dan meski tidak terlalu banyak, kita harapkan ini bermanfaat bagi mereka jelang hari raya Idul Fitri tahun ini,” kata Fasha.

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Jambi, Syamsir Naim merincikan, setidaknya ada 4.280 mustahik dari OPD lingkungan Pemkot Jambi.

Masing-masing menerima Rp300 ribu dengan total keseluruhan Rp1,248 miliar. Kemudian mustahik sekolah madrasah sebanyak 660 orang masing-masing menerima Rp300 ribu dengan total keseluruhan mencapai Rp 198 juta.

Kemudian ada 900 mustahik dari kelurahan, masing-masing mendapatkan Rp300 ribu, totalnya Rp270 juta. Lalu 1.160 orang mustahik PHL se Kota Jambi masing-masing Rp300 ribu dengan total Rp 348 juta.

Sehingga pada tahun ini mengeluarkan Rp2,1 miliar yang disalurkan Baznas Kota Jambi. Lanjutnya, Baznas hadir sebagai wadah atau lembaga yang melakukan pengelolaan zakat yang bersifat mandiri dan bertanggungjawab kepada pemerintah.

Dalam hal ini, Baznas Kota Jambi menjadi wadah zakat bagi para ASN di lingkungan Pemkot Jambi. Bantuan-bantuan yang diberikan merupakan donasi yang terhimpun dari para donatur yang selama ini terus bersama berbuat kebaikan.

Sementara pada Ramadhan kali ini, Syamsir Naim menyebutkan pihaknya juga akan menyalurkan bantuan kepada para mustahik di Kota Jambi. Untuk tahun ini meningkat dari 5.000 sasaran menjadi 6.000 lebih sasaran dan mereka adalah orang-orang yang berhak menerima bantuan dan disesuaikan dengan kriteria seperti orang fakir dan miskin.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed