oleh

Polres Tanjungpinang amankan pelaku pemalsuan surat tes usap antigen

Tanjungpinang, jurnalsumatra.com – Polres Tanjungpinang, Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengamankan seorang pelaku pemalsuan surat tes usap antigen COVID-19 di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) di daerah setempat.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Rio Reza Panindra di Tanjungpinang, Selasa mengatakan pelaku berinisial WH (34) diamankan Sabtu (3/7). Ini berawal dari laporan Klinik Riski yang menyatakan bahwa warga berdomisili Jakarta itu telah memalsukan surat tes usap antigen untuk keperluan berangkat ke Jakarta.

“Setelah dilakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan pihak Bandara RHF. Akhirnya pelaku WH kami amankan saat hendak terbang ke Jakarta,” kata Kasat Reskrim Rio di Tanjungpinang, Selasa (6/7).

Rio menyatakan dari hasil pemeriksaan penyidik kepolisian, pelaku mengaku baru pertama kali memalsukan surat tes usap antigen tersebut dengan dalih terburu-buru.

Modus pelaku ialah mengubah tanggal surat hasil tes usap antigen sebelumnya menggunakan laptop pribadi lalu dicetak sendiri.

Polisi turut mengamankan barang bukti laptop, flashdisk, dan tas ransel milik pelaku.

“Pelaku sudah ditahan dan ditetapkan jadi tersangka,” ujar Rio.

Perbuatan tersangka WH melanggar pasal 263 KUHP tentang Surat Palsu dengan ancaman pidana enam tahun penjara.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed