oleh

BI gelar Urban Fest Gernas BBI-BWI dorong pertumbuhan ekonomi Sulut

Manado, jurnalsumatra.com – Bank Indonesia (BI) menggelar Urban Economy Festiva (Urban Fest) yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata #DiIndonesiaAja (BBI-BWI) 2021 untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini Urban Fest merupakan bagian dari Gernas BBI-BWI 2021,” kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat di Manado, Jumat (9/7).

Dia mengatakan Sulut salah satu provinsi yang akan menjadi tuan rumah Gernas BBI BWI pada Juli 2021 dengan tajuk “Pelangi Sulawesi-Dari Sulawesi ke Mancanegara”.

Secara khusus, ia mengharapkan Urban Fest menjadi bagian sinergi dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif, khususnya pelaku usaha di Sulut yang mendorong masyarakat lebih bangga lagi terhadap produk dan wisata dalam negeri.

Kegiatan pameran Urban Economy Festival 2021 dilaksanakan di Megamall, Manado selama tiga hari, 8-10 Juli 2021.

Dengan kondisi pandemi COVID-1 9 saat ini dan penerapan PPKM maka kegiatan Urban Fest tahun 2021 di Megamall tersebut dilaksanakan hanya dalam bentuk pameran produk UMKM.

Kegiatan melibatkan UMKM Iokal yang telah Iolos kurasi produk yang dilakukan BI dan BNI. Pameran Urban Fest 2021 dibagi dalam beberapa kategori, antara Iain kuliner, kerajinan, dan kreatif.

Dalam pameran Urban Fest tersebut, katanya, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman wisata Sulut melalui tur virtual secara 3.600 yang tersedia pada platform kawanua360.com.

Selain itu, katanya, dalam pameran tersebut juga dilaksanakan kegiatan virtual mini bincang wicara “Urban Talks” yang dipandu oleh Generasi Baru Indonesia (GenBI) Wilayah Sulawesi Utara.

Kegiatan itu mengangkat berbagai topik mulai dari entrepreneur, tur virtual, “connect with nature”. Urban Talks disiarkan melalui Youtube (Bank Indonesia Sulawesi Utara) dan Instagram (@urbanfestsulut dan @bank_indonesia_sulut) sehingga dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat.

Dalam rangkaian kegiatan Urban Economy Festival 2021, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang antara Iain “capacity building”, Bimbingan Digital Khusus (BIDIK) IJMKM pada 2-10 Juni 2021 dan pelatihan UMKM binaan pada 14-1 9 Juni 2021 .

Kurasi produk unggulan UMKM yang telah dilaksanakan bersama BNI pada 27-29 Mei 2021. Kegiatan Iainnya, seperti Iomba dan promosi produk IJMKM Sulut pada 10 Mei-30 Juni 2021.

Oleh karena kegiatan itu di tengah pandemi, maka diterapkan protokol kesehatan secara ketat, antara lain kewajiban peserta dan panitia memakai masker, menerapkan jaga jarak, melakukan penapisan kesehatan di pintu masuk mal.

“Hal ini dilakukan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan kesehatan seluruh pihak yang terlibat,” katanya.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed