oleh

Gubernur Jambi: Butuh energi dan soliditas ASN untuk pulihkan ekonomi

Jambi, jurnalsumatra.com – Gubernur Jambi Al Haris mengatakan butuh energi yang besar dan soliditas aparatur sipil negara di daerah itu untuk menghadapi pandemi COVID-19 dan memulihkan perekonomian.

“Dibutuhkan energi yang besar dan soliditas aparatur sipil negara (ASN) untuk menghadapi pandemi COVID-19 dan memulihkan ekonomi,” katanya di Jambi, Senin (12/7).

Dia menjelaskan pandemi COVID-19 menimbulkan kondisi yang cukup memprihatinkan, seluruh komponen negara tengah berjuang menghadapi pandemi COVID-19 serta berupaya memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 telah mengganggu sistem kesehatan, ekonomi, sosial, dan penyelenggaraan ibadah.

ASN merupakan komponen negara yang memiliki peran dalam memulihkan ekonomi dan memutus rantai penularan COVID-19. Maka dari itu dibutuhkan energi yang besar dan soliditas ASN dalam melakukan penanganan pandemi COVID-19 dan memulihkan perekonomian.

Selain itu, katanya, dibutuhkan tim kerja yang solid dari ASN yang mengerti tugas dan tanggung jawab masing-masing. Paham terhadap tugas pokok dan fungsi sebagai bahan untuk bekerja. Dalam waktu yang singkat tidak akan tercapai kinerja yang diharapkan tanpa ASN yang mumpuni dan memiliki kerja yang baik.

Penanganan COVID-19 membutuhkan perhatian khusus melalaui berbagai cara, salah satunya recofusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang menuntut perhatian serius dan sikap prihatin ASN.

“Jika tidak mampu dikendalikan bukan tidak mungkin TPP ditiadakan karena pandemi COVID-19 yang berlangsung lama sehingga berdampak pada penerimaan daerah maupun negara,” kata Al Haris.

Ia menegaskan serapan anggaran harus segera ditingkatkan. Adanya kelonggaran hingga Agustus dari pemerintah pusat harus dimanfaatkan untuk meningkatkan serapan sesuai dengan aturan.

Ia meminta penggunaan dana lebih rasional yang dilakukan dalam jangka pendek dengan target berdampak langsung terhadap pemulihan ekonomi masyarakat.

“Dana yang hari ini bergulir diharapkan berdampak dan dirasakan oleh masyarakat secara langsung, contohnya pada Dinas Pertanian yang dapat menjalankan program yang menghasilkan produksi pertanian dalam jangka waktu yang cepat,” kata Al Haris.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Jambi Al Haris pada apel peningkatan disiplin dan nasionalisme ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi yang dilaksanakan di halaman kantor gubernur setempat. Turut hadir dalam apel tersebut Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, dan pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed