oleh

Kota Manado sumbang kasus harian COVID-19 terbanyak di Sulut

Manado, jurnalsumatra.com – Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) menyumbangkan kasus harian COVID-19 terbanyak bila dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya.

“Dari 89 kasus harian yang bertambah, Kota Manado bertambah sebanyak 53 kasus,” sebut Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Senin.

Selain Manado, kasus lainnya berasal dari Kota Bitung sebanyak 10 orang, Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Selatan masing-masing tujuh orang, serta Kabupaten Minahasa Utara sebanyak enam orang.

Lainnya, Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur dan Kabupaten Kepulauan Sangihe masing-masing dua kasus, sementara Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa masing-masing satu kasus.

Dokter Steaven menambahkan dari akumulasi kasus positif tersebut, sebanyak 15.621 orang atau sebesar 87,54 persen telah dinyatakan sembuh (bertambah 36 orang).

Kasus meninggal sebanyak 577 orang (bertambah tiga orang) dengan angka kematian (Case Fatality Rate) sebesar 3,23 persen, sedangkan kasus aktif sebanyak 1.646 orang atau sebesar 9,23 persen.

Data yang diumumkan Satgas Nasional hari ini yakni 115 kasus agak berbeda dengan data yang diumumkan Satgas Provinsi Sulut sebanyak 89 kasus.

“Jadi bukan teregister ganda, tapi mulai hari ini data hasil laboratorium di aplikasi new all record diintegrasikan dengan berbagai aplikasi telemedicine seperti Alodoc,Halodoc serta aplikasi peduli lindungi,” ujarnya.

Sayangnya, aplikasi yang menganut sistem autoverifikasi hanya memverifikasi alamat berdasarkan KTP yang diinput oleh faskes, tanpa melihat alamat domisili terkini.

Akibatnya, banyak yang diumumkan adalah KTP asal Sulawesi Utara tapi melakukan pemeriksaan di Sumatera, Jawa, Makasar karena memang sudah berdomisili di sana.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed