oleh

PLN Dianggap Sepelekan Konsumen

-Lahat-4 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, mengkritik pemadaman listrik yang terjadi di Kelurahan Bandar Jaya Lahat Sumatera Selatan hari ini tanpa pemberitahuan. Informasi yang di himpun media ini di sejumlah lokasi terjadi pemadaman listrik sejak pukul 09.00 WIB. “Kita sangat terganggu atas pemadaman ini. Apalagi kurangnya sosialisasi dari PLN,” ungkap Wawan (41) salah satu warga Bandar Jaya, Kecamat Lahat Kabupaten Lahat, pada Sabtu (17/07/2021).

Dengan adanya pemadaman ini, pihaknya merasa dirugikan. Apa lagi belum ada pemberitahuan sejak awal. “Mengganggu aktivitas warga, mulai belum memasak nasi, tidak bisa menggunakan mesin cuci termasuk  persediaan air karena mesin air tidak hidup. Pemadaman dimulai sejak pagi, kami sangat bergantung dengan listrik” keluhnya.

“Kita juga merasakan dampak dari pemadaman ini. Apa lagi tidak ada informasi pemadaman listrik yang diterima warga, usaha kami terganggu” keluh Isnaini, warga lainnya seraya berharap, kalaupun terjadi pemadaman karena berbagai sebab, setidaknya PLN mengimbangi dengan memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga bisa bersiap.

Menurut Sanderson, tidak adanya pemberitahuan dari pihak PT. PLN (Persero) di UP3 Lahat melalui ULP Lembayung terkait pemadaman listrik ini bukti PLN menyepelekan hak konsumen atas listrik mengalir secara terus menerus. “Saya kira apa yang terjadi dari jam 9 tadi mati listrik tanpa peringatan, tanpa pemberitahuan dan tanpa penjelasan sebelumnya, ini bentuk manajemen PLN menyepelekan hak pelanggan,” kata Sanderson ketika diwawancarai, kemarin.

Ia menjelaskan, pemadaman listrik itu tak bisa dianggap masalah kecil alias sepele. Ia mengatakan, harus ada pihak yang bertanggung jawab atas pemadaman listrik tersebut karena mengakibatkan kerugian besar di masyarakat. Terpisah, Manager PLN UP3 Lahat, Triyono saat dimintai tanggapannya melalui pesan singkat WA mengungkapkan, “Mohon maaf atas ketidaknyamanan, daerah tersebut sesuai jadwal sedang ada pemeliharaan jaringan dan pemangkasan pohon untuk meningkatkan kehandalan jaringan. “Maaf, atas ketidaknyamanan tersebut, dan hari ini sesuai jadwal sedang ada pemerliharaan jaringan dan pemangkasan pohon,” terang Triyono. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed