oleh

Semenjak Diwajibkan TKL Warga Muba Mudah Cari Kerja

Muba, jurnalsumatra.com – Tindakan  Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dr Dodi Reza Alex Noerdin yang belum lama ini telah mengeluarkan kebijakan agar para perusahaan di Muba memprioritaskan serapan Tenaga Kerja Lokal (TKL) mendapat apresiasi dari masyarakat Muba. Pasalnya sejak dikeluarkannya kebijakan tersebut, warga Muba terutama Para pemuda, merasa sangat terbantu dan mudah mencari pekerjaan.

Misalkan di kecamatan Bayung Lencir ini salah satunya, banyak warga lokal diberdayakan untuk kerja di industri yang menjanjikan. Sejumlah SDM terbaik yang lolos penyaringan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba. Salah satu pemuda yang baru saja merasakan manfaat dari program unggulan Dodi Reza ini adalah Pebta. Warga Kelurahan Bayung Lencir, kecamatan Bayung Lencir ini mengaku bisa lolos seleksi rekrutmen program Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL) oleh PT DSSP Power Sumsel dan PT Elnusa.

Maka itu saat PT DSSP Power Sumsel memberikan peluang kepada putra daerah, dirinya tidak mau tinggal diam. Dengan percaya diri dan berusaha semaksimal mungkin, akhirnya Indra pun bisa bekerja di salah satu perusahaan bergengsi tersebut. “Saya ucapkan terima kasih kepada pak Bupati, karena atas inisiatifnya kita putra daerah diberikan prioritas. Saya akan berusaha bekerja sebaik mungkin dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini,”Ucapnya.

Senada diungkapkan Indra Pratama warga Desa Simpang Bayat menyampaikan terima kasih atas program Bupati Muba yang memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk bekerja di perusahaan. “Terima kasih pak bupati. Saat ini saya telah bekerja di Elnusa berkat program prioritas tenaga kerja lokal pak bupati, saya akan bekerja dengan giat saat ini,”Ungkapnya.

Sementara Bayung Lencir, M Imron S Sos MSi mengatakan, saat beberapa waktu lalu banyak perekrutan perusahaan lokal yang diinisiasi pemkab Muba, maka banyak juga tenaga lokal dari Bayung Lencir yang ikut melamar. “Sudah banyak warga kita yang bekerja atas program tersebut. Untuk merekrut tenaga lokal, mereka inilah masuk ke perusahaan yang sudah diberi jalan oleh pemkab,”Terangnya.

Diakuinya, upaya kepala daerah seperti Bupati Muba yang memberikan peluang bagi warganya untuk kerja merupakan salah satu upaya yang baik dalam mengurangi pengangguran. “Kita akan terus mempersiapkan SDM yang unggul, agar nanti bisa bersaing dengan kemampuan yang mahir. Maka itu para pemuda dan lulusan sekolah maupun perguruan tinggi terus kita bina,”kata Imron.

Terpisah, Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin menambahkan, rekrutmen yang dilakukan ini merupakan salah satu cara memenuhi tenaga lokal untuk perusahaan yang ada di Muba. Tentunya saja ini merupakan momen bersejarah yang bakal mengurangi angka pengangguran di bumi Serasan Sekate tersebut. “Kita membuka peluang lapangan kerja bagi lulusan SMK asal Kabupaten Muba untuk bekerja di perusahaan yang ada di Kabupaten Muba. Sesuai Perda yang ada, perusahaan di Kabupaten Muba harus mempekerjakan tenaga lokal termasuk disabilitas dengan kualifikasi SDM yang  bagus,” jelas dia.

Dodi Reza berharap perusahaan-perusahaan di Kabupaten Muba dapat menduplikasi pola yang sama ini sehingga menjadi role model dan berkelanjutan. “Saya berpesan kepada SDM yang sudah lulus selamat kesempatan ini manfaatkan sebaik-baiknya. Sudah selayaknya SDM asal Muba menduduki jabatan di perusahaan nasional yang ada di Kabupaten Muba, bekerjalah dengan baik dan sungguh-sungguh,”Imbaunya. (Rafik Elyas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed