oleh

Camat Diminta Jangan Tidur Saja

-Lahat-2 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Wakil Bupati H Haryanto SE MM MBA menegaskan kepada Camat di seluruh Kecamatan untuk tidak meninggalkan wilayahnya selama memasuki musim penghujan. “Kepada Camat harus siap siaga, jangan tinggalkan wilayah, siapkan perlengkapan di Mobil Dinas seperti pisau, cangkul dan lainnya,” tegas Wabup saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur Muspida, OPD, Instansi lain dan seluruh Camat di Oprsroom Pemkab Lahat, Rabu (06/10/2021).

Lanjut Wabup, jika dimobil Dinas sudah disiapkan tentu saja jika terjadi bencana sudah siap. Dikatakan Wabup, Camat juga jangan tinggal Rumah Dinas (Rumdin). “Camat tidur dirumah dinas, yang tidak ada rumah dinas kontrak bila perlu supaya cepat tanggap dalam menghadapi bencana,” katanya. Apa lagi ditambahkan Wabup, banjir dan longsor menghantui Kabupaten Lahat setiap kali datang musim penghujan. “Disinilah peran Kepala Desa (Kades) dan Camat bisa cepat tanggap dan menyampaikan informasi kepada Instansi terkait,” tambah Wabup.

Sementara, Kepala BPBD Lahat Drs H Ali Apandi MM menuturkan, Kondisi cuaca dari BMKG terus di update dan disampaikan kepasa Forum Camat dan Grup Lintas Sektoral. “Kondisi cuaca kita berada di 14 persen lebih awal memasuki musim penghujan, ditambah lagu kondisi ini memacu hujan yang tidak normal yang disertai angin dan petir,” cetusnya.

Belakangan, dikatakan Ali Apandi, yang sudah terjadi yakni pohon tumbang yang diakibatkan angin kencang, namun untuk penggulangaan bencana BPBD sudah memiliki alat berat Backoloader yang sudah stand by. “Prediksi hujan diprediksi di awal Oktober dan juga kita harus pahami topografi Kabupaten Lahat perbukitan,” katanya.  Sementara itu, Ketua Forum Camat Kabupaten Lahat Drs Erlambang mengatakan, seluruh Camat dari 24 Kecamatan siap dan standy by guna menghadapi musim penghujan, namun dirinya juga perlu dukungan dari semua instansi agar cepat tanggap jika disampaikan informasi dari kecamatan. “Sama seperti tahun sebelumnya kami siap dan stand by bahkan setelah ini saya juga minta kepada seluruh Camat menyampaikan kepada Kepala Desa,” tutup Camat Pulau Pinang Lahat. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed