oleh

Bea Cukai Surakarta amankan 1.122.800 batang rokok ilegal

Solo, jurnalsumatra.com – Kantor Bea Cukai Kota Surakarta hingga Kamis mengamankan 1.122.800 batang rokok ilegal atau tanpa pita cukai dengan berbagai merek sekaligus menahan seseorang di sebuah perumahan elite kawasan Gentan, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Surakarta Hari Prijandono di Solo, Kamis, menyebutkan salah seorang pemilik rokok ilegal tersebut berinisial So, warga Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Klaten. So telah ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditahan di Kantor Bea Cukai Surakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, .

Barang bukti yang diamankan oleh petugas  sebanyak 1.122.800 batang rokok ilegal dengan berbagai merek. Barang bukti itu kini sudah disita di Bea Cukai Surakarta untuk proses hukum.

Hari mengatakan bahwa penindakan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil operasi pasar di wilayah Sukoharjo dan sekitarnya. Informasi masih terdapat pula pengiriman rokok ilegal yang masuk ke area Solo Raya yang biasanya rokok tersebut dibongkar di Sukoharjo.

Berdasarkan informasi tersebut, tim Bea Cukai Surakarta melakukan pengawasan dan pemetaan terhadap peredaran rokok di seluruh wilayah Solo Raya, terutama  Sukoharjo. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih sebulan hingga akhirnya mendapatkan informasi yang akurat.

Petugas hanya mendapatkan informasi bahwa terdapat pengiriman rokok menggunakan truk bak terbuka dan telah dibongkar di suatu perumahan daerah Sukoharjo. Petugas melakukan pengembangan dan akhirnya berhasil menelusuri jejak lokasi pembongkaran rokok di suatu perumahan elite di Gentan Sukoharjo.

Dua tim segera menuju perumahan tersebut dengan didampingi oleh RT dan petugas keamanan setempat menuju sebuah rumah yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan rokok ilegal, Senin (4/10) sekitar pukul 15.00 WIB.

Petugas Bea Cukai Surakarta menemukan rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin dengan berbagai merek yang siap dipasarkan. Setelah pemeriksaan, petugas melakukan wawancara singkat terhadap dua orang yang mengaku sebagai karyawan dan So yang mengaku pemilik rokok ilegal tersebut.

Ketiga orang di lokasi penyimpanan beserta seluruh barang hasil penindakan dibawa ke Kantor Bea Cukai Surakarta untuk pengamanan dan pencacahan.

Dari hasil pemeriksaan lebih mendalam, So  mengaku menjalankan usaha menimbun dan menjual rokok ilegal dengan jaringan peredaran di wilayah Solo Raya dan ke luar Pulau Jawa.

Barang bukti yang berhasil disita antara lain roko merek Fajar Bold 802.800 batang, Premium Bold 60.000 batang, Hit Bold 40.000 batang, Bossini Black 196.000 batang, New Me Mild Milde 4.000 batang, dan Sumber Baru SBR 20.000 batang yang semuanya tanpa  pita cukai. Barang bukti itu kini diamankan di Bea Cukai.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed