oleh

Rumah Warga Sukarami Direndam Banjir

-Lahat-5 views

Lahat, jurnalsumatra.com –  Peristiwa bencana kembali menerpa Kabupaten Lahat, diguyur hujan semalaman mengakibatkan sedikitnya delapan rumah warga di Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat, direndam banjir dengan kedalam 1,5 Meter. Peristiwa tersebut, terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, sehingga, menyebabkan warga yang bermukim di Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Lahat, harus kehilangan tempat tinggal.

Namun, beruntung dalam kejadian itu, tidak sampai menelan korban jiwa, dan untuk kerugian Materi belum dapat diketahui, karena, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat masih melakukan evakuasi terhadap korban banjir. “Curah hujan yang cukup tinggi semalaman, yang menerjang Kabupaten Lahat, mengakibatkan terendamnya delapan rumah warga Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Lahat dengan kedalaman sekitar 1,5 Meter dan sampai saat ini, air mulai berangsur angsur nyusut,” ungkap Camat Gumay Talang Lahat Edi Oktob SE, pada Rabu (13/10/2021) .

Dijelaskan Edi Oktob, delapan unit rumah warga yang direndam banjir diantaranya, Parit, Johardi, Deki, Marli, Alex, Aan, Taswir, dan Sunyoto warga Desa Sukarami Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat. “Saat ini, para korban banjir sedang dilakukan proses evakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, dengan menggunakan perahu karet,” tambahnya. Seraya menambahkan, pihaknya akan terus memantau atas kejadian yang ada, dan mengantisipasi kejadian susulan.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Drs.H.Ali Afandi MM melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lahat Anantak ST MT menyampaikan, saat ini para korban telah dilakukan evakuasi. Untuk upaya yang dilakukan, diakui mantan Kabid Penggairan PU Bina Marga, delapan orang korban terdampak banjir oleh curah hujan yang cukup tinggi semalaman ini, akan tinggal dirumah sanak pamili dan kerabat mereka masing masing.

“Untuk harta benda semua korban aman, tapi, tempat tinggal mereka saat ini digenangi oleh air yang cukup dalam. Namun, apabila air sudah surut para korban akan kembali lagi kerumah mereka,” tukasnya. Untuk bantuan sendiri, kata Anantak, belum ada, tapi, saat ini sudah datang dari Dinas Sosial Pemkab Lahat, untuk melakukan pendataan terhadap korban banjir. Insyaallah, pada besok Kamis (14/10/2021), akan ada bantuan yang datang dari BPBD Provinsi Sumsel.

“Hari ini dari Dinsos Pemkab Lahat sudah turun dan mendata para korban. Dan, kalau tidak ada ara melintang, pada Kamis besok, bantuan dari BPBD Provinsi Sumsel, berupa paket sembako yang akan diberikan kepada korban terdampak banjir di Desa Sukarami, Kecamatan Gumay Talang Lahat,” terang Anantak.

Diinformasikan Anantak, Petugas Operator Pusdalops-PB BPBD KAB.LAHAT.( Okta Juliansyah )

No HP : 0812 7101 2152

Alamat : Jl.Kolonel H.Barlian

Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Lahat

No telp/fax : 0731 (323830)

Kode pos : 31413

Email: bpbd.lahat@gmail.com.

Terakhir, info yang didapat Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Chandra SH MM beserta beberapa OPD Pemkab Lahat terjun kelokasi, dan memberikan bantuan berupa Beras, Mie, Gula, Kopi, dan Sembako lainnya untuk korban terdampak banjir. “Ini merupakan bantuan dari Pak Bupati Lahat, beliau belum sempat datang dan titip salam untu para korban. Semoga bantuan yang ada, dapat sedikit meringankan beban para korban terdampak banjir. Kami berharap agar korban dapat bersabar atas peristiwa bencana ini,” tegas Sekda Lahat. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed