oleh

Donasi konsumen Alfamidi membantu warga terdampak COVID-19 di Sulut.

Manado, jurnalsumatra.com – Donasi konsumen Alfamidi dimanfaatkan untuk membantu warga yang terdampak pandemi COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara.

“Sejak pandemi COVID-19 yang melanda semua wilayah di Indonesia, kami lebih banyak memanfaatkan donasi konsumen untuk masyarakat terdampak,” kata Corporate Communications Alfamidi Arif L Nursandi melalui siaran pers diterima di Manado, Kamis.

Bantuan sosial lewat donasi konsumen Alfamidi terus disalurkan untuk meringankan beban warga kurang mampu yang terdampak Pandemi COVID-19 di di seluruh Indonesia termasuk Sulut.

Dia menjelaskan donasi konsumen adalah sumbangan sukarela konsumen setia Alfamidi saat melakukan transaksi di kasir.

Dana tersebut dikelola yayasan yang memiliki kredibilitas serta telah diakui pemerintah.

Adapun yayasan yang mengelola donasi konsumen antara lain, BMCI, LazisMu, LazisNu, Mizan Amanah, IDF MUI, dan Baitulmaal Muamalat.

“Yayasan yang mengelola donasi konsumen ini sudah memenuhi kriteria perizinan dan sudah terdaftar di Kementerian Sosial RI,” ujar Arif L Nursandi.

Penyaluran donasi ini juga tidak sembarangan karena diawasi dan di audit oleh berbagai pihak, meliputi pihak yayasan, pihak Alfamidi serta juga diaudit oleh pemerintah.

“Jadi dana yang terkumpul betul-betul dialokasikan secara bertangungjawab,” katanya.

Dalam pemanfaatannya, dana sukarela konsumen telah disalurkan dengan tepat sasaran kepada warga yang membutuhkan. Seperti pemberian paket sembako, pemberdayaan ekonomi, bantuan bencana alam dan sebagainya.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan, diantaranya, penyaluran donasi yang digelar serentak di 15 provinsi pada April 2020. Pengelola donasi konsumen menyalurkan 12.000 paket sembako di Sumatra Utara, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku.

Tak hanya itu, Agustus 2020, donasi juga digunakan membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) terdampak Pandemi. Yakni memberi bantuan 89 unit gerobak gorengan kepada 89 pelaku UMKM di Tanah Air.

Desember 2020, donasi juga disalurkan pada 11 Panti Disabilitas di Indonesia yang terdampak Covid 19.

Januari 2021, donasi disalurkan untuk membantu warga korban gempa bumi di Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Adapun bantuan yang diberikan berupa, beras, gula pasir, minyak goreng, susu kental manis, mie instan, obat-obatan dan kebutuhan bayi.

April 2021, sebanyak 12.175 paket sembako disalurkan untuk warga terdampak Covid 19 yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed