oleh

Pasaman Barat peroleh penghargaan kabupaten layak anak

Simpang Empat, jurnalsumatra.com – Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak tahun 2021 dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung, memenuhi hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh Tim KemenPPPA RI, tim kementrian atau lembaga dan tim independen,” kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi di Simpang Empat, Kamis.

“Semoga kita terus diberikan daya, upaya, dan kekuatan untuk memenuhi hak anak di Pasaman Barat,” ucapnya.

KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha.

Semua itu dilakukan dengan terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan. Tujuannya, menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Dikatakan, komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial dan menjadi syarat terpenuhinya hak dan perlindungan khusus anak.

Mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat kompleks dan multisektoral. Sebab, anak hidup di dalam sebuah sistem yang tidak dapat terlepas dari dirinya, baik itu keluarga, sekolah, masyarakat, hingga kebijakan.

“Sehingga seluruh upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anakpun harus terintegrasi dengan seluruh sistem yang melingkupi anak,” katanya.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed