oleh

USU presentasi manfaat kecombrang untuk kesehatan prostat

Medan, jurnalsumatra.com – Tim Universitas Sumatera Utara (USU) pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 di USU mempresentasikan tentang manfaat kecombrang untuk kesehatan prostat.

Ketua Tim Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM)-RE USU, Wardhani Septina Sembiring, di Medan, Jumat mengatakan, dengan judul “Pemanfaatan Kemosensor Film Karbon Nenofiber Dari Batang Kecombrang (Etlingera elatior) sebagai Material Sensitif Diagnostik Kanker Prostat”.

Wardani menjelaskan, bahwa penelitian mereka berpotensi memberikan informasi pada masyarakat mengenai pemanfaatan batang kecombrang sebagai material kemosenser.

“Sedangkan pada bidang medis, penelitian mereka berpotensi menciptakan alat diagnosis kanker prostat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim PKM Karsa Cipta dari USU, M.Atqa Adzkia Zaldy membawakan judul “Kursi Roda Pintar untuk Meningkat Mobilitas Tunanetra dengan sensor Ultrasonic dan Termometer sebagai Penerapan Protokol Kesehatan di Kala Pandemi”.

Penggunaan tongkat kurang efektif untuk melakukan protokol kesehatan (prokes),” ujar M.Atqa dalam presentasinya di Kampus USU.

Rektor USU Dr Muryanto Amin memberikan motivasi kepada para peserta PIMNAS ke-34 untuk terus semangat dan pantang menyerah.

​​​​​​​Rektor berharap para peserta terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas sehingga dapat menjadi agen-agen perubahan yang membawa Indonesia menjadi lebih baik.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed