oleh

Plt Bupati Muba Kukuhkan Pengurus APRI

Muba, jurnalsumatra.com – Pelaksana Tugas Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP menghadiri pengukuhan pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kabupaten Muba periode 2021-2025. Acara tersebut juga dihadiri Asisten I Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Muba H Opi Pahlopi, Ketua MUI Muba H Thamrin Nawawi, Kesbangpol Muba Marco Susanto SSTP, serta pengurus APRI Sumsel, dan APRI Muba, bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba, Rabu (10/11/2021).

Dalam sambutannya Plt Bupati Muba mengatakan, sebagai salah satu organisasi profesi, keberadaan APRI Cabang Muba diharapkan mampu memberikan sumbangsi konstruktif bagi pembangunan daerah. “Sebagai salah satu organisasi profesi  APRI diharapkan memberikan kontribusi aktif terhadap pembangunan daerah khususnya dalam memelihara kualitas ummat, Alhamdulillah hari ini kita semua dapat bersilaturahmi dengan para penghulu sebagai bagian dari perangkat pemerintah dalam menegakkan syariah dan syiar Islam,”Ungkapnya.

Lanjut Beni, dalam masa kepemimpinannya, Pemerintah Kabupaten Muba terus berusaha, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rentang kendali pemerintahan. Terkait dengan hal tersebut ia juga berharap penghulu dapat ditambah mengingat luas wilayah dan ada 227 desa dalam Kabupaten Muba.

“Selamat kepada APRI atas di kukuhkan kepengurusan, selamat bekerja, sekali lagi kamk titip agar betul-betul komitmen membangun kabupaten yang kita cintai ini secara kolaboratif bersama-sama,”Ucap  Beni. Pada kesempatan itu, ketua  APRI Sumsel Dr H Anwar MHI, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba yang telah mendorong kegiatan pengukuhan APRI.

“Semoga dengan pengukuhan ini penghulu di Muba akan bekerja sebaik mungkin dan dapat berkolaborasi dengan Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin dalam melaksanakan tugas-tugas,”Harapnya. Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Muba H Win Hartan SAg MPdI, menyampaikan bahwa penghulu ini baru, karena ada peraturan kementerian agama terbaru Kepala KUA adalah Penghulu. Untuk itu dibentuklah APRI, mengingat setiap tenaga fungsional ada organisasinya.

“Jadi APRI ini, asosiasi atau gabungan tenaga fungsional, seluruhnya PNS. Kepala KUA langsung jadi penghulu, tapi minimal berpendidikan S1, kemudian tes lgi jadi penghulu,”Jelas dia. Win Hartan juga mengatakan Kabupaten Muba merupakan satu-satunya kabupaten di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia yang melakukan program Haji Mobille atau pendaftaran keberangkatan haji dengan jemput bola oleh petugas dari Kantor Kemenag Muba.

“Kabupaten Muba memang maju berjaya, kita satu-satunya kabupaten bahkan di Republik ini melaksanakan haji jemput bola, melayani haji dengan datang langsung ke masyarakat,” pungkasnya. Seperti diketahui, Pengurus APRI Cabang Kabupaten Muba yang dikukuhkan oleh Plt Bupati Muba seluruhnya berjumlah 18 orang, sebaga Ketua Cabang H Muflikhul Hasan SAg MSi, Ketua 1 Tuas Kenari SAg, Sekretaris Cabang Moh Yani SAg MSi, dan Bendahara Cabang Arpan SAg MHI. (Rafik Elyas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed