oleh

Kemenag pantau lrokes kegiatan Perkemahan Wirakarya lewat aplikasi

Palembang, jurnalsumatra.com – Kementerian Agama memantau penerapan protokol kesehatan pada kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV di Palembang, Sumatera Selatan, lewat aplikasi secara berlapis.

“Tentu saja dengan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Kemenag M. Ali Ramdhani di Palembang, Kamis.

Perkemahan Wirakarya Nasional PTK ini digelar pada 9 hingga 14 November 2021 dan diikuti 1.146 peserta dari 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dari seluruh Indonesia.

Pada kegiatan kali ini, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menjadi tuan rumah dan pembukaannya dilakukan di Jakabaring Sport Center (JSC), Kota Palembang. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan membuka secara resmi acara tersebut.

Dalam memantau penerapan prokes untuk menghindari potensi penularan COVID-19, ada dua aplikasi yang digunakan yakni PeduliLindungi dan aplikasi yang dikembangkan oleh panitia, Perkemahan Wirakarya.

Aplikasi Perkemahan Wirakarya ini dapat memantau pergerakan peserta dan menjadi media monitoring serta pelaporan kesehatan peserta di area perkemahan.

Selain itu, kamp perkemahan bisa terdeteksi daya tampungnya, sehingga jika melebihi jumlah dari ketentuan maka tidak diperkenankan masuk. Tes antigen, PCR, serta prokes yang lainnya juga wajib dijalankan ke seluruh peserta pendamping.

Ali mengatakan acara ini bertujuan untuk mengisi generasi muda dengan kegiatan berwawasan kebangsaan, kemampuan yang bermanfaat, dan penguatan moderasi beragama.

“Acara ini diharapkan dapat memperkuat wawasan kebangsaan, dan terdapat konten moderasi beragama,” kata Ali.

Gelaran ini sempat mundur, karena sedianya akan dilaksanakan pada 20-26 Agustus 2021. Pengunduran ini  Kota Palembang yang pada saat itu berstatus PPKM level 4. Kini, setelah Kota Palembang masuk PPKM Level 2, atau risiko rendah penyebaran COVID-19, acara ini baru terlaksana.(anjas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed