oleh

Cakades di Muba Deklarasi Siap Kalah Siap Menang

Muba, jurnalsumatra.com –  Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi SIP berpesan kepada seluruh calon kepala desa (Cakades) yang mengikuti Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 22 Nopember 2021 mendatang, harus siap untuk kalah dan siap menang. Hal ini disampaikan Beni Hernedi  ketika Pemkab Muba melalui Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, di Opproom Pemkab Muba, Kamis (18/11/2021).

Dalam laporannya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba Richard Cahyadi AP memaparkan, bahwa pemilihan calon Kepala Desa masa jabatan 2021-2027 tercatat ada sebanyak 243 calon Kepala Desa (cakades) dari 74 Desa berasal dari 15 Kecamatan nantinya yang akan melaksanakan Pilkades.

“Adapun rinciannya yaitu, Kecamatan Sekayu 1 desa, Sungai Keruh 1 desa, Babat Supat 1 desa, Plakat Tinggi 2 desa, Sungai Lilin 2 desa, Jirak Jaya 4 desa, Keluang 5 desa, Bayung Lencir 5 desa, Lais 6 desa, Batanghari Leko 7 desa, Tungkal Jaya 6 desa, Lawang Wetan 6 desa, Babat Toman 9 desa, Lalan 9 desa da  Sanga Desa 11 desa. Adapun jumlah TPS sebanyak 278, dengan jumlah DPT sebanyak 118.000 mata pilih, yang tesebar di 280 TPS dalam 15 kecamatan,” Jelas Ricard.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi dalam arahannya mengatakan, Pemilihan Kepala Desa merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa, dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. “Pilkades serentak pada tahun 2021 dilaksanakan dalam kondisi bencana non alam atau di masa pandemi COVID-19, walaupun saat ini Kabupaten Muba berstatus zona hijau, tetapi kita semua wajib tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 khusus pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pilkades serentak,”Harap dia.

Beni juga mengimbau kepada seluruh masyarakat dan semua unsur yang terlibat pada para calon kepala desa, untuk bersama-sama siap mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2021 dalam Kabupaten Muba secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai, aman, tertib, demokratis dan bermartabat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Kepada para calon Kades untuk berkompetisi dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas, dengan mengedepankan sikap santun serta damai,”Pintanya. Beni juga berpesan agar seluruh calon Kades harus siap untuk kalah dan siap menang. “Bagi calon Kades yabg terpilih, untuk tidak terlalu bereuforia dan bagi yang belum terpilih harus sabar dan tetap menghormati jalannya proses demokrasi,”pesannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed