oleh

Pipa PDAM Bocor Belum Diperbaiki

-Lahat-26 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Diduga akibat lemahnya pengawasan dari pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lematang Kabupaten Lahat, membuat kebocoran pipa sudah tiga hari tak kunjung ada perbaikan. Kebocoran pada kepala Pipa PDAM Tirta Lematang Kabupaten Lahat ini, telah berlangsung selama tiga hari, sehingga, mengakibatkan, puluhan ribu kubik air bersih terbuang secara sia sia.

“Benar, sudah tiga hari sejak hari Rabu sampai dengan Jum’at sore ini air terus keluar dari kepala penutup Pipa PDAM Tirta Lematang Kabupaten Lahat,” ungkap Ramli (41) warga Perumnas Selawi Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat yang dibincangi pada Jum’at sore (07/01/2022).

Menurutnya, bukan hanya dirinya merasa terganggu oleh semprotan air yang keluar dari Pipa PDAM Tirta Lematang, juga warga lain yang melintas dilokasi tersebut. “Karena, semprotan air yang keluar dari Pipa PDAM Tirta Lematang tersebut, cukup kuat, mengakibatkan jalan jadi becak dan digenangi air. Parahnya lagi, saat warga melintas kalau tidak cepat bisa basa semua baju maupun celana,” urainya lugas.

Hal senada juga dikatakan Aan (24) warga Desa Suka Negara, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, menurutnya, kebocoran Pipa milik Perusahaan Daerah ini, sudah berlangsung selama tiga hari. “Sejak hari Rabu sampai dengan Jum’at. Air mulai keluar menjelang pukul 14.30 WIB hingga sampai tengah malam. Kami selaku warga setempat merasa sangat terganggu akibat semburan air tersebut, karena, jalan bekecak dan juga mengakibatkan kerusakan jalan serta berlubang dari genangan air itu,” terang Aan.

Kebocoran seperti ini, diakuinya, bukan kali pertama sebelumnya juga telah terjadi kebocoran dekat sumur bor lokasi Gang SD 04 Kelurahan Lahat Tengah, yang berbatasan dengan Desa Suka Negara Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat. “Kalau dibilang terganggu jelas kami sangat terganggu. Akan tetapi, yang kami sesalkan terkesan pihak PDAM Tirta Lematang kurang peka serta kurang pengawasan. Kebocoran ini sudah berlangsung tiga hari, satupun Pengawai PDAM Tirta Lematang tidak datang kelokasi,” ujarnya, seraya mengatakan, karena semburan air dari Pipa PDAM Tirta Lematang sangat kencang dan menganggu arus kendaraan R4 dan R2, terutama warga sekitar saat melintas dilokasi, membuat dirinya tergerak untuk membungkus semburan air yang keluar dari Pipa PDAM Tirta Lematang tersebut.

Sementara, Direktur PDAM Tirta Lematang Kabupaten Lahat, Anda Wijaya dikonfirmasi mengaku, dirinya baru mendapat laporan malam ini. “Kalau siang tadi, sudah pasti kita akan turunkan Tim untuk segera melakukan perbaikan, dari kebocoran yang ada. Karena, kalau dibiarkan terus menerus jelas kita akan merugi,” ucap Anda Wijaya.

Intinya, ditegaskan Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat, dari kebocoran tersebut, akan segera ditindak lanjuti. Diharapkan, peran masyarakatlah yang bisa membantu dalam hal memberikan informasi adanya kebocoran Pipa milik PDAM Tirta Lematang Lahat. “Tidak akan terpantau oleh pihak kita PDAM Tirta Lematang semua, untuk itu, peran serta masyarakat Lahat sangatlah membantu kami dalam mengetahui adanya pipa PDAM Tirta Lematang yang mengalami kebocoran. Terima kasih infonya, dan kami akan segera tindak lanjuti dilapangan,” cetus Anda Wijaya. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed