oleh

Polres Lahat Bergerak Cepat Cegah Penyebaran PMK

Lahat, jurnalsumatra.com – Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto.SIK melalui Kabag Ops Kompol Dedy Suhendri S.sos pada Kamis (19/5/2022) memerintahkan kepada para Kapolsek jajaran Polres Lahat untuk melaksanakan  pengecekan, penyemprotan hewan ternak guna mencegah penyebaran PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak yang saat ini sedang marak di pulau Jawa.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK melalui Kasi Humas IPTU Sugianto SH, disampaikan Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat AIPTU Liespono SH mengatakan, kegiatan dilaksanakan oleh para Kapolsek yang di dampingi oleh Babinkamtibmas dan petugas Dinas Peternakan Kabupaten Lahat, kepada pemilik ternak sapi dan wawancara langsung kepada kepada pemilik, pengecekan hewan ternak dan dilanjutkan penyemprotan disinfektan pada kandang hewan ternak.

Dijelaskan Liespono, kegiatan dilaksanakan di beberapa tempat antara lain :

– Polsek Kota Lahat melaksanakan pengecekan di kandang sapi Desa Ulak Lebar dengan jumlah hewan sebanyak 40 ekor, dari pengecekan belum ditemukannya penyebaran PMK di tempat tersebut

– Lalu, Polsek Kota Agung melaksanakan pengecekan di kandang sapi Atra Mulyadi Desa Pagarayumh Kecamatan Kota Agung dengan jumlah hewan sebanyak 3 ekor, dari pengecekan belum ditemukannya penyebaran PMK di wilayah yang dimaksud.

– Selanjutnya, Polsek Pseksu melaksanakan pengecekan di kandang kerbau Iwan Desa Tanjung Raya dengan jumlah hewan sebanyak 4 ekor, dari pengecekan belum ditemukannya penyebaran PMK.

– Terus menuju Polsek Merapi melaksanakan pengecekan di aendang sapi Erdadi dengan jumlah hewan sebanyak 8 ekor, dari pengecekan belum ditemukannya penyebaran PMK.

Ia mengatakan, kegiatan pengecekan dan penyemprotan disinfektan didalam kandang ternak milik warga sebagai bentuk antisipasi agar terhindar penularan penyakit pada ternak berkaki empat dikarenakan adanya isue penyebaran Penyakit Menular PMK ( penyakit Mulut dan Kaki ) yang menjangkiti Hewan ternak berkaki empat.

Bhabinkamtibmas, didampingi oleh petugas dinas peternakan memberikan himbauan kepada masyarakat yang memelihara hewan ternak kaki empat jenis sapi. Kerbau dan kambing didesa Binaanya serta melakukan pendataan terhadap warga yang memelihara hewan ternak kaki empat jenis sapi, kerbau dan kambing dan memberitahukan ciri ciri atau gejala hewan ternak kaki empat yang terjangkit PMK.

“Selain telah melakukan pengecekan terhadap hewan kaki empat, petugas juga memberitahukan kepada masyarakat ciri ciri gejala hewan yang terinfeksi PMK, guna mengantisipasi adanya indikasi penyebaran Penyakit PMK diwilkum Polres Lahat,” pungkas Liespono. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed