oleh

Pemkab Lahat Wujudkan Program Sumsel Mandiri Pangan

-Lahat-36 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Bupati Lahat Cik Ujang SH memberikan arahan dan kemajuan Kabupaten Lahat dihadapan Gubernur Provinsi Sumsel, H Herman Deru SH MM, unsur Pimpinan DPRD, Wabup, Anggota DPRD, dan tamu undangan istimewa, Jum’at (20/5/2022).

Menurunnya angka kemiskinan sebesar 11,47 persen serta meningkatnya perekonomian masyarakat sebesar 4,7 persen, serta menambahkan anggaran desa sebesar Rp.500 juta hingga Rp.1 M per desa tahun 2022 menjadi tolak ukur kemajuan Kabupaten Lahat dibawah kepemimpinan Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Wabup, H Haryanto SE MM MBA. Karenanya momentum perayaan HUT Kabupaten Lahat ke 153 tahun, perayaan XXIV, tepat 20 Mei 2022 akan menjadi langkah awal kedepan untuk membuat Bumi Seganti Setungguan semakin berCAHAYA.

Selain itu, Bupati Lahat menyampaikan, dengan bertambahnya usia harus diiringi dengan kemajuan disegala bidang, karenanya dibutuhkan sinergi yang baik antara seluruh elemen masyarakat. Saat ini kasus penyebaran virus Covid-19 tidak ada lagi dan ini merupakan capaian yang baik atas kerjasama yang terjalin antara Pemkab, DPRD dan Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat.

“Kita menyadari bahwa masih banyak kekurangan selama memmimpin kabupaten Lahat, namun kami  optimis kedepan akan diusahakan pembangunan nya,” ujarnya, Jum’at (20/5/2022). Ia mengungkapkan, saat ini pertumbuhan Perekonomian sejak tahun 2021 naik sebesar 4,7 persen dan hal ini menunjukan hal yang positif sehingga tingkat kemiskinan menurun sebesar 11,43 persen dan mudah -mudahan akan semakin membaik.

“Indek pembangunan juga menunjukan sisi yang positif, Pemkab Lahat juga mewujudkan Program Sumsel Mandiri Pangan, bahkan kami juga terlah merealisasikan janji politik yakni memberikan bantuan dana sebesar Rp.500 – Rp.1 Milyar perdesa,” tuturnya. Alhamdulillah saat ini, sambung Cik Ujang, masyarakat juga saat ini telah dapat menikmati program Sekolah dan berobat gratis yang semua dananya ditanggung oleh Pemkab Lahat. Tak hanya itu, sumber air bersih PDAM Tirta Lematang juga telah mengalir kerumah warga bahkan kearifal lokal juga akan terus dipertahan kan sebagai wujud dan identitas daerah.

‘Saat ini kearifan lokal seperti menu Ayam Nanas sudah diakui dengan diraih nya rekor MURI dan sektor lainnya juga akan dioptimal kan untuk memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah kedepan,” imbuhnya lugas. Sementara, Gubernur Sumsel, H Herman Deru SH MM menuturkan, Pemprov Sumsel akan mendukung program pembangunan Pemkab Lahat salah satu nya adalah pembangunan sentra Perkantoran dan perkotaan baru yang terintegrasi didaerah seberang Lematang.

Maka dari itu, dikatakan Gubernur Sumsel, keseriusan pembangunan agar jangan dimain kan khususnya dalam ganti rugi lahan warga karena ini untuk kemajuan daerah, pembangunan jalan tembus didaerah Tanjung Sakti juga merupakan langkah yang sangat tepat untuk memajukan daerah.

“Pemprov sangat apresiasi atas kemajuan Lahat beberapa tahun terakhir, bahkan pasokan Listrik yang ada juga dapat mengeringkan daerah hingga ke Pulau Bangka dan ha l ini sangat baik sekali dan mudah – mudahan berdampak positif untuk kemajuan daerah dalam mensejahterakan masyarakat yang ada,” pesan H.Herman Deru. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed