oleh

Dandim Lahat Apel Pasukan Penanggulangan Karhutla

-Lahat-13 views

Lahat, jurnalsumatra.com –  Bertempat di Lapangan Makodim 0405 Lahat dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Karhutla diwilayah Kabupaten Lahat. Acara tersebut, dilakukan di Lapangan Makodim pada Senin (18/7/2022) sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.35 WIB.

Hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Bupati Lahat Cik Ujang SH, Dandim 0405 Lahat Letkol.Inf.Toni Oky Priyono .S.I.P, Kapolres Lahat, Sekda Lahat, Kepala BPBD Lahat, Kasat Pol-PP, Linmas, Damkar Lahat, Kadishub Lahat, Kepala Kesbangpol, Kadis Kesehatan Lahat, Kadis TPH dan Nakan, Kadis Perkebunan, kepala DKP, Camat Lahat, dan perwakilan personil Makodim, Koramil, Polres, Damkar, Pol-PP, Dishub, dan Dinkes Kabupaten Lahat.

Adapun susunan acara Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Karhutla dilapangan Makodim 0405 Lahat sebagai berikut:

Sebelum kegiatan dimulai, persiapan pasukan, komandan pasukan memasuki lapangan apel, laporan perwira apel kepada Pimpinan apel, pimpinan apel Tiba dilapangan apel, penghormatan pasukan, laporan komandan apel dilanjutkan pemeriksaan pasukan, pemasangan pita Satgas Karhutla secara simbolis oleh pimpinan apel.

Amanat yang disampaikan Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan, puji syukur kepada Allah SWT seluruh yang ada disini masih diberikan kesehatan. Sehingga, dalam kesempatan ini masih bisa berkumpul di lapangan apel Makodim 0405 Lahat dalam rangka gelar pasukan penanggulangan Karhutla di Lahat.

Ada disisi lain, disampaikan Bupati Lahat, Lahat masih diberikan curah hujan yang tinggi, dengan angin kencang dibilan Juli berdampak Negatif seperti banjir melanda pemukiman, tanah longsor, pohon tumbang, serta angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Jarai.

Akhir tahun 2022 ini diperkirakan akan memasuki kemarau, maka dari itu, melalui apel siaga ini berharap menjadi momentum untuk kesadaran dan upaya bersama dalam rangka mengantisipasi dan meminalisir Karhutla di Kabupaten Lahat. Dalam hal ini tentunya banya belajar dan jangan lupa peristiwa tahun 2014, 2015, dan 2016 Pulau Sumatera khususnya Sumsel sebagai salah satu Provinsi yang menjadi perhatian dunia, bukan karena keberhasilan sebuah pembangunan, sampai Asap melebar ke Negara Tetangga.

“Alhamdulilah 3 tahun terakhir ini, kita masih diuntungkan dari sisi lain, hingga, bulan Juli kita rasakan masih turun hujan dan berdampak rendahnya peristiwa kebakaran hutan, kebun, dan Lahan di Sumsel,” kata Bupati Lahat. Dandim 0405 Lahat Letkol Inf Toni Oky Priyono .S.I.P berharap dukungan dari Pemkab Lahat dan TNi-POLRI bersama steak holder, dan pihak swasta masyarakat bisa bahu membahu dalam rangka mencegah ataupun meminalisir kejadian kebakaran hutan, kebun, lahan, yang berdampak kepada kesehatan masyarakat ganguan lainnya yang berdampak meluas.

“Ayo.!!! Kita bersama sama saling bahu membahu baik OPD, BPBD, Sat-Pol-PP, Damkar, bersama TNI dan POLRI untuk segera menyusun langkah langkah strategis dalam rangka menghadapi musim kemarau tahun ini,” ujar Dandim 0405 Lahat. Intinya, sambung Dandim 0405 Lahat, mencegah lebih baik dari pada mengatasi kebakaran, terima kasih atas segala perhatian dan dukungan serta kerjasama dalam menjalankan tugas semoga Allah SWT melindungi kita semua. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed