oleh

Kodim Muba Nobar G30S PKI Bersama Pelajar

Muba, jurnalsumatra.com –  Bertepatan dengan peringatan Hari Gerakan 30 September 1965 (G30S PKI) yang jatuh tanggal 30 September 2022, Kodim 0401/Muba, pada Jum’at malam nonton bareng (Nobar) Film Pengkhianatan G30S PKI bersama seluruh anak pelajar dan masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dihalaman Makodim 0401/Muba.

Seperti diketahui, filem Pengkhianatan G30S PKI dijadwalkan pada malam , Jumat, 30 September 2022, Pukul 19.30 Wib. Dikarenakan sebelumnya filem Pengkhianatan G30S PKI sempat diputar di stasiun televisi, hingga filem tersebut banyak dicari oleh sejumlah masyarakat Tanah Air.

Maka dari itu, di beberapa wilayah, diselenggarakan nonton bareng atau nobar film G30S PKI untuk mengingat kembali agar anak anak pelajar  mengetahui sejarah kelam bangsa Indonesia di tahun 1965.

Filem yang berjudul: Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI yang dibintangi oleh sejumlah aktor senior yakni Umar Kayam, Amoroso Katamsi dan Wawan Wanisar itu, mengangkat kisah kelam pengkhianatan orang-orang PKI di tahun 1965, film ini juga  tak pernah mati dimakan jaman.

Berdasarkan sejarah, pada saat itu, orang-orang PKI yang dipimpin oleh D. N. Aidit melakukan penculikan dan pembunuhan terhadap 6 jenderal dan 1 perwira TNI Angkatan Darat. Tak hanya itu, orang-orang PKI juga berupaya untuk mengubah ideologi Pancasila menjadi komunis.

Namun, usaha pengkhianatan PKI tersebut terungkap pada 1 Oktober 1965. Kala itu Soeharto langsung memerintahkan penumpasan terhadap orang-orang PKI. Dan untuk lebih jelasnya, saksikan film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI di MaKodim 0401/Muba (Rafik Elyas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed