oleh

Bupati Lahat Apel Sapras dan Perlengkapan

-Lahat-6 views

Lahat, jurnalsumatra.com – Bertempat dihalaman kantor Mapolres Lahat, Bupati Lahat Cik Ujang SH, menjadi Irup pimpinan Apel Gelar Sapras dan Perlengkapan dalam rangka antisipasi bencana alam. Apel bencana alam banjir dan tanah longsor, jajaran Polres Lahat bersama TNI, Sat-Pol PP, Linmas, dan Damkar, Dishub Lahat, POM Lahat, dan instansi terkait, Polres Lahat, Polda Sumatera Selatan, pada Kamis (24/11/2022).

Turut hadir dalam apel tersebut:

– Bupati Lahat Cik Ujang SH.

– Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K., M.Si.

– Kasdim 0405/Lahat Mayor Inf. Ridwan Ependi.

– Kaban Kesbangpol Lahat Drs.H. Surya Desman MM.

– Kadishub Lahat H.Budiman MM.

– Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat Herry Kurniawan SSTP, MM.

– Para Danramil Jajaran Kodim 0405 Lahat.

– Para Kapolsek Jajaran Polres Lahat.

Sedangkan, untuk barisan pasukan apel Sapras dan Perlengkapan Antisipasi Bencana Alam

– 1 Regu POM Lahat.

– 2 Pleton Barisan TNI-AD.

– 1 Pleton Barisan Dalmas.

– 1 Pleton Barisan Sat-Lantas.

– 1 Pleton gabungan Satreskrim Intelkam dan Narkoba.

– 1 Pleton Barisan Dishub Lahat.

– 1 Pleton Barisan Damkar, BPBD, Dinkes, Dinsos, PU PERA, Lahat Rafting, dan.

– 1 Pleton Barisan Sat-Pol-PP Lahat.

Dalam pidatonya, Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan, perkembangan situasi Nasional seperti yang terjadi gempa bumi di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Menyikapi hal itulah, Bupati Lahat berpesan terkhusus kepada para Camat agar berkoordinasi dengan pihak Kapolsek dan Danramil agar cepat tanggap jika terjadi bencana alam di kecamatan masing-masing.

“Kabupaten Lahat yang terdiri dari 24 kecamatan. Dan, kondisi alam yang labil, hutan, perbukitan dan terdapat beberapa aliran sungai. Hal ini menjadi potensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang. Untuk itulah, Pemkab Lahat, melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) bersama-sama dengan TNI-Polri beserta instansi terkait agar mengoptimalkan seluruh potensi yang ada untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut. Kesiap-siagaan bencana yang pagi ini kita gelar dilapangan Mapolres Lahat,” ungkap Bupati Lahat.

Melalu apel ini sambung Bupati Lahat, diharapkan dapat menggugah semua, baik lembaga Pemerintah, agar dapat berpartisipasi sesuai dengan fungsi dan perannya. Guna, menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat didaerah terkena bencana. Untuk diketahui, kata Cik Ujang, pada tanggal 9 Januari 2020 telah terjadi bencana banjir bandang dan tanah longsor dibeberapa titik, yaitu diantaranya Banjir bandang di Desa Tanjung Sirih dan Lubuk Sepang kecamatan Pulau Pinang dan desa Muara Cawang, Desa Lubuk Tube kecamatan Pseksu, dan desa Gunung Kembang kecamatan Kikim Timur.

Kemudian pada tanggal 15 Juni 2022 terjadi bencana Angin Puting Beliung didesa Tertap kecamatan Jarai, dan tanggal 8 November 2022 terjadi tanah longsor didesa Gunung Meraksa kecamatan Tanjung Sakti PUMU Kabupaten Lahat. Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, SIK.M.Si diwawancarai usai apel menegaskan, pihaknya bersama TNI dan Pemda Lahat akan selalu siap mengarahkan personel serta menyiapkan sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Lahat, polres akan menyiapkan personel yang di Stand di Mako Polres, agar sewaktu waktu dibutuhkan cepat tanggap.

Tidak itu saja, Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan secepatnya melaporkan ke Polsek terdekat apabila terjadi bencana ataupun kejadian lain yang mengakibatkan terjadinya gangguan Kamtibmas. Selesai apel sarpras acara dilanjutkan dengan Pra Ops penanggulangan bencana sekaligus rapat koordinasi langkah langkah apa yang harus di lakukan apabila terjadi bencana yang diikuti oleh pejabat terkait. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed