oleh

Muba Jalin Kerja Sama dengan Data Center Batam

Batam, jurnalsumatra.com –  Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Kominfo Musi Banyuasin untuk ketiga kalinya menjalin kerjasama dengan Data Center BP Batam. Kerjasama ini diteken pada Jum’at (20/01/2023) di Batam. Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menjelaskan perjanjian kali ini menyangkut pengamanan informasi berupa pengamanan data dan aplikasi elektronik.

“Sehingga apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan seperti server crash, bencana alam dan lain-lain yang mengakibatkan rusak dan tidak berfungsinya server utama di Data Center yang berada di DinKominfo, data dan aplikasi elektronik tersebut dapat segera dipulihkan. Dalam waktu cepat semuanya bisa berjalan normal dengan memanfaatkan backup data dan aplikasi di Data Center BP Batam,” terang Sinulingga.

Menurut Sinulingga, jenis PKS adalah Colocation Server, yaitu menempatkan server milik Dinas Kominfo Muba  di Data Center BP Batam sebagai backup dan replikasi. Pengoperasiannya  memakai teknologi terstandar yang digunakan untuk keamanan informasi yaitu backup dan replikasi aplikasi dan data di data center utama Dinas Kominfo Kabupaten Musi Banyuasin.

“Ada 40 jenis aplikasi dari 26 Perangkat Daerah yang tergabung dalam server Dinas Kominfo yang sudah di colocation-kan di Data Center BP Batam.” Saat ini, tambah Sinulingga, masih ada 35 aplikasi dari 26 Perangkat Daerah yang tersebar di Perangkat Daerah yang Dinas Kominfo Muba yang belum dibackup.

Selanjutnya, untuk ke 35 aplikasi ini direncanakan akan dikerjasamakan dalam bentuk layanan yang sesuai untuk keamanan aplikasi dan data tersebut. “Kedepan kita juga akan kembangkan kerjasama dengan Data Centre Batam dengan memanfaatkan layanan Data Centre Batam berupa VPS (virtual private server). Pertimbangannya ketimbang kita bangun sendiri tentu lebih mahal baik dari segi penganggaran dan kemananan data itu sendiri serta biaya pemeliharaan yang lebih tinggi tetapi jika kita kita kerjsama dengan Data Centre Batam sifatnya menyewa dan itu biayanya jauh lebih murah demi efesiensi biaya namun kualitas layanan keamanan informasi tetap terjaga inj semua dilakukan atas arahan bapak Pj Bupati Muba H Apriyadi sehingga Pelaksaan SPBE dan Keamanan data Pemkab Musi Banyuasin lebih baik tegasnya.

Di tempat sama, Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Sylvia Jeannette Malaihollo mengatakan kekuatan dan backup data dapat menguatkan sebuah organisasi. Pihaknya merasa senang mendapatkan kepercayaan dari Pemkab Muba terkait pengamanan data. “Powerfull data dapat mempengaruhi suatu organisasi. Kami memberikan layanan mengolah, membackup dan menyajikan agar data tersebut dapat dimanfaatkan oleh mitra dalam hal ini Pemkab Muba melalui Kepala DinKominfo Muba Herryandi Sinulingga dan perlu kami sampaikan kerjasama dengan data centre di BP Batam saat ini selain Kementerian dan lembaga juga pemerintah provinsi dan kabupaten/kota lainnya khusus di Sumatera Selatan Baru Pemkab Muba dan Pemprov Sumsel yang telah bekerjasama dengan Data Centre BP Batam ini semua sebagai bentuk kolaborasi kita bersama untuk memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun negara jelasnya.(Rafik Elyas/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed